Devotion 1152 : MENGHORMATI FIRMAN TUHAN

Devotion 1152 - Dr. Heintje Kobstan
MENGHORMATI FIRMAN TUHAN
Bacaan: Yeremia 52

Pasal ini adalah pembuktian bahwa firman TUHAN yang disampaikan Nabi Yeremia bukan abal-abal tetapi terjadi. Yeremia ditolak oleh bangsanya sendiri bahkan mereka berkata bahwa TUHAN tidak berfirman melalui Yeremia dan menolaknya sebagai nabi. Sekarang mata mereka terbuka dan karena tidak dengar-dengaran kepada firman TUHAN maka mereka harus menanggung akibatnya. Pembuangan ke Babel itu terjadi dalam 3 tahap yaitu: tahun 697 SM sebanyak 3023 jiwa, tahun 586 SM sebanyak 832 jiwa, tahun 581 SM sebanyak 745 jiwa. Jadi total orang Yehuda yang ditawan ke Babel adalah 4600 jiwa dan kemungkinan jumlah ini hanya menunjuk kepada orang Yahudi yang dewasa saja.

Berulang kali Yeremia menegaskan bahwa rencana Tuhan ini pasti terlaksana, tidak peduli apakah umat mau menerima pemberitaan ini atau tidak. Catatan sejarah di Kitab Yeremia menunjukkan bahwa Tuhan telah memakai Babel untuk menaklukkan Yehuda dan Yerusalem, serta menawan penduduk Yerusalem ke pembuangan. Secara khusus ditegaskan bahwa kepemimpinan yang buruk dari seorang raja mengakibatkan seluruh rakyat berdosa. Pada bagian ini ditegaskan bahwa ulah Zedekia bukan hanya mengakibatkan penduduk Yerusalem harus menderita, keluarganya pun ikut menderita. Tentu saja, Zedekia yang paling menderita. Nubuat Yeremia pada mulanya disampaikan agar umat sebelum dihukum mendapat kesempatan bertobat. Sayang sekali, kesempatan itu tidak digunakan dengan baik malah umat dipimpin rajanya memilih tetap tinggal dalam dosa dengan rasa aman yang palsu. Murka Tuhan akhirnya dijatuhkan. Mereka harus kehilangan kemerdekaan. Beginilah akhir hidup mereka yang tidak mau menghormati firman Tuhan yaitu dengan menaati firmanNya.

Pelajaran hari ini adalah, ketika firman TUHAN disampaikan kepada umatNya maka firman TUHAN itu tidak akan kembali dengan sia-sia. Jika mereka yang mendengarnya dan kemudiaan menaati firman TUHAN itu maka mereka akan menikmati kehidupan dalam anugerah TUHAN. Jika tidak, maka yang terjadi adalah penghukuman karena ketidaktaatan mereka pada firman TUHAN.

Mendengar dan melakukan firman TUHAN  adalah tindakan penghormatan kepada firmanNya dan mereka yang menghormati firmanNya akan hidup dalam AnugerahNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 52:11 "Kemudian mata Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian raja Babel membawa dia ke Babel dan menaruhnya dalam rumah hukuman sampai kepada hari matinya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 18'02'19: Bilangan 31 - 33

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT