Devotion 1146 : YANG KUAT PUN AKHIRNYA KALAH

Devotion 1146 - Dr. Heintje Kobstan
YANG KUAT PUN AKHIRNYA KALAH
Bacaan: Yeremia 46

Dalam beberapa pasal ini, TUHAN menyampaikan firman kepada Yeremia untuk bangsa-bangsa yang berada di sekitar Yehuda yang dimulai dari Mesir. Mesir dikenal sebagai bangsa yang kuat, tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Kekuatan Mesir tergambar dari kuda-kudanya dan peralatan perang yang canggih pada zamannya. Mereka memiliki teknologi medis yang maju untuk mengobati korban perang. Maka ketika perang melawan Babel, mereka yakin akan menang. Namun apa yang terjadi kemudian sungguh mengejutkan. Mesir kalah! Akibatnya Mesir tidak lagi berkuasa di daerah Siria Palestina.

Karena letak Yehuda berdekatan dengan Mesir dan sepanjang sejarah bangsa-bangsa di daerah Kanaan sudah mengakui kekuatan Mesir, maka tidaklah mengherankan jika di dalam negeri Yehuda muncul kubu yang berpihak ke Mesir dan mencoba meyakinkan kubu lain untuk berpihak kepada Mesir dan bukan Babel. Pertempuran di Karkemis (605 SM) adalah satu pertempuran yang penting dalam sejarah. Di sini bangsa Mesir berusaha menghambat bangkitnya kekuasaan Babel dan menyokong kerajaan Asyur yang hampir hancur namun Mesir mengalami kekalahan yang luar biasa. Mengapa Mesir bisa kalah dari Babel? Mesir kalah karena terlalu percaya pada kekuatan diri sendiri. Melalui Yeremia, Allah mengingatkan bahwa Dialah yang seharusnya menjadi sumber kekuatan Mesir. Mesir semestinya percaya hanya kepada Allah yang menciptakan dan berkuasa atas langit, bumi, dan segala isinya. Begitu juga bagi orang Yehuda yang berlindung dibalik kekuatan Mesir pun akan mengalami kehancuran dan kebinasaan. Namun bagi sebagian Yehuda yang ditawan ke Babel akan mengalami keselamatan sesuai janji TUHAN kepada Yeremia.

Hari ini kita belajar suatu pelajaran berharga dimana Mesir yang kuat secara persenjataan dan pasukan yang terlatih ternyata kalah pada Babel. Kekalahan Mesir pun berdampak kepada orang Yahudi yang berlindung padanya. Karena itu, jangan andalkan manusia ataupun kekuatannya karena itu adalah hal yang sia-sia. Lebih baik berlindung pada TUHAN dan mengandalkan Dia dalam segala aspek kehidupanmu.

Janganlah memegahkan kekuatan dan kepintaran manusia karena hanya anugerah TUHANlah yang telah memampukan manusia untuk hidup.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 46:13 "Firman yang disampaikan TUHAN kepada nabi Yeremia tentang datangnya Nebukadnezar, raja Babel, untuk memukul kalah tanah Mesir:.."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'02'19: Imamat 25 - 27

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT