Devotion 1142 : KEHENDAKKU BUKAN KEHENDAK TUHAN

Devotion 1142 - Dr. Heintje Kobstan
KEHENDAKKU BUKAN KEHENDAK TUHAN
Bacaan: Yeremia 42

Setelah Gedalya dibunuh oleh Ismael, maka seluruh penduduk mengalami ketakutan akan terjadinya pembalasan dari Babel. Sehingga Yohanan dan Azarya beserta seluruh pasukan dan penduduk mendatangi Yeremia memohon petunjuk TUHAN. Mereka meminta agar Yeremia mencari kehendak TUHAN atas hidup mereka. Walau firman Tuhan mengatakan bahwa mereka harus tetap tinggal di Yerusalem, akan tetapi, karena mereka sudah memutuskan untuk lari ke Mesir, maka itulah yang terjadi. Mereka sebenarnya hanya ingin mendengar firman Allah, apakah itu mendukung keputusan mereka atau tidak.

Apakah Yeremia tidak mengetahui maksud hati mereka? Janji Yeremia kepada mereka bahwa ia akan memberitahukan segala firman yang akan disampaikan TUHAN untuk mereka. Di pihak Yohanan, mereka pun berikrar dihadapan Yeremia, "Biarlah TUHAN menjadi saksi yang benar dan yang dapat dipercaya terhadap kami, jika kami tidak berbuat menurut segala firman yang disuruh TUHAN, Allahmu, kausampaikan kepada kami. Maupun baik ataupun buruk, kami akan mendengarkan suara TUHAN, Allah kita, yang kepada-Nya kami mengutus engkau, supaya keadaan kami baik, oleh karena kami mendengarkan suara TUHAN, Allah kita." Dan sesudah 10 Hari maka datanglah firman Tuhan kepada Yeremia. TUHAN menghendaki agar mereka tetap tinggal. Dan jika mereka tetap bersikeras untuk pergi ke Mesir maka mereka akan mati oleh pedang, kelaparan dan penyakit sampar dinegeri yang mereka rindukan sebagai orang asing. Yeremia telah mengetahui akan hal itu, dan ia pun memperingatkan mereka (ay.20-22).

Seringkali kita pun seperti Yohanan dan orang Yehuda, kita meminta agar hamba-hamba TUHAN berdoa mewakili kita untuk menanyakan kehendak TUHAN. Padahal kita pun sudah punya kehendak sendiri, apakah kehendak TUHAN itu sesuai dengan kehendak kita atau pun tidak maka kehendak kitalah yang akan terjadi. Jangan memaksa TUHAN untuk menyetujui kehendak kita tapi biarlah kehendak TUHANlah yang terjadi atas hidup ini.

Jangan memaksa TUHAN untuk menyetujui kehendak kita tapi biarlah kehendak TUHANlah yang terjadi atas hidup ini.

passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 42:21 "Tetapi, sekalipun aku memberitahukannya kepadamu pada hari ini, kamu tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, yaitu tidak menuruti segala sesuatu yang disuruh-Nya kusampaikan kepadamu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 02'02'19: Imamat 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT