Devotion 1151: ALAT TUHAN

Devotion 1151 - Dr. Heintje Kobstan
ALAT TUHAN
Bacaan: Yeremia 51

Jika TUHAN memakai seseorang atau sekelompok orang ataupun suatu bangsa, maka itu adalah suatu kehormatan yang luar biasa. Bukan cuma kehormatan tetapi suatu anugerah jika kita dipakai olehnya. Babel menjadi alat TUHAN, dalam ayat 20-23 dengan jelas menerangkan pola hubungan antara TUHAN dan Babel. Bahwa Babel adalah palu godam dan senjata perang bagi TUHAN. Ketika kita dipakai oleh TUHAN maka seharusnya kita memberi diri dalam ketaatan penuh agar rencana Allah digenapi melalui hidup dan pelayanan kita.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pelayanan bisa membuat orang menjadi sombong, seakan-akan keberhasilan itu terjadi karena kerja kerasnya dan bukan karena campur tangan Allah. Di sinilah kejatuhan dimulai! Babel, yang tidak mengindahkan kekudusan dan keadilan Tuhan, akan dihukum. Babel telah menjadi sombong dan begitu merajalela. Tindakan Babel terhadap umat Tuhan ketika menyerbu dan menawan mereka terlalu berlebihan bukan hanya menawan dan menjarah, tetapi juga menghancurkan bait Allah dan merampas peralatan ibadah di sana. Babel adalah alat TUHAN yang dipakai untuk melayaniNya, namun mereka tetap memilih untuk memercayai dan menyembah berhala dewa sesembahan mereka padahal TUHAN sangat membenci hal itu. Gara-gara Yehuda lebih condong hatinya untuk menyembah berhala dibandingkan TUHAN maka TUHAN pun harus menghukum mereka. Babel dihukum TUHAN karena kejahatannya atas umat Tuhan dan kepada TUHAN sendiri, sehingga TUHAN menjadi lawan mereka.

Babel adalah alat TUHAN namun Babel dihukum karena telah berbuat jahat kepada umatNya dan tidak menghormati TUHAN dengan tetap menyembah dewa sesembahan mereka. Sebagai umat TUHAN, jangan sampai kita seperti Babel, sebagai alat ditangan TUHAN akhirnya motivasi pelayanan kita adalah untuk berbuat mencari keuntungan dari umatNya dan bahkan menduakan TUHAN. Jangan sampai kita menjadi sombong dan TUHAN menjadi lawan kita.

Setiap orang percaya adalah hamba TUHAN maka seharusnya melayani TUHAN adalah suatu anugerah dan kehormatan bagi mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 51:24 "Namun Aku akan membalaskan kepada Babel dan kepada segenap penduduk negeri orang Kasdim segala kejahatan yang telah mereka lakukan terhadap Sion, di depan matamu sendiri, demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 15'02'19: Bilangan 22 - 24

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT