Devotion 1143 : MENOLAK FIRMAN TUHAN

Devotion 1143 - Dr. Heintje Kobstan
MENOLAK FIRMAN TUHAN
Bacaan: Yeremia 43

Seperti yang telah diduga oleh Yeremia, bahwa walaupun firman Tuhan tetap menyuruh mereka untuk tinggal, mereka tetap berkeras hati untuk pergi ke Mesir. Sebenarnya Yohanan dan seluruh pasukan serta orang Yehuda telah menipu diri mereka sendiri dan membahayakan nyawa mereka. Mengapa demikian? Karena mereka telah berjanji untuk menepati dengan tepat segala firman yang akan TUHAN sampaikanlah melalui Yeremia. Hal inilah yang membuktikan kedegilan hati mereka. Bahkan mereka menuduh bahwa Yeremia telah menyampaikan firman palsu yang telah dipengaruhi oleh Barukh, jurutulis Yeremia.

Seperti telah diduga semula, respons para pemimpin umat adalah penolakan mentah-mentah terhadap firman Tuhan. Mereka curiga akan maksud baik Tuhan maupun Yeremia. Sikap para pemimpin umat diteruskan dengan memaksa seluruh umat, termasuk sisa-sisa bangsawan di bawah pengawasan Gedalya, bahkan juga memaksa Yeremia dan Barukh untuk melarikan diri ke Mesir. Karena kebobrokan rohani mereka yang hanya mengandalkan kekuatan dan kepintaran sehingga mereka tidak dapat melihat rencana TUHAN dibalik semua peristiwa yang menimpa mereka. Mereka bahkan telah menolak firman Tuhan yang adalah TUHAN sendiri. Hikmat mereka adalah kebodohan dihadapan TUHAN. Sehingga TUHAN berfirman kepada Yeremia untuk menghukum kebodohan mereka yang mengandalkan Mesir sebagai tempat perlindungan.

Zaman ini pun manusia cenderung makin bebal. Karena memiliki akses ke berbagai ilmu, teknologi, kuasa, dll., manusia mengira bisa membelokkan campur tangan Tuhan. Kebebalan membuat manusia terjangkiti penyakit kebal terhadap firman Allah. Manusia zaman ini merasa lebih pintar dan berhikmat dari TUHAN. Karena itu sadarilah bahwa manusia tidak dapat mengetahui kemana jalan hidupnya. Sebab yang telah merancangkan itu semua adalah TUHAN sendiri bahkan sejak sebelum manusia itu dijadikan. Bahkan dalam kitab TUHAN semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun daripadanya. Sadarilah dan rendahkanlah dirimu dibawah kedaulatan TUHAN, Allah semesta alam.

Rendahkanlah dirimu dibawah kedaulatan TUHAN yang telah mengatur hari-hari hidupmu sebelum ada satupun daripadanya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 43:2 "...maka berkatalah Azarya bin Hosaya dan Yohanan bin Kareah serta semua orang congkak itu kepada Yeremia: "Engkau berkata bohong! TUHAN, Allah kita, tidak mengutus engkau untuk berkata: Janganlah pergi ke Mesir untuk tinggal sebagai orang asing di sana,.."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 04'02'19: Imamat 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT