Devotion 1145 : KONSEKUENSI MELAYANI TUHAN

Devotion 1145 - Dr. Heintje Kobstan
KONSEKUENSI MELAYANI TUHAN
Bacaan: Yeremia 45

Masa tua Yeremia sama-sama menyedihkannya seperti awal-awal kehidupannya. Ditinggalkan di Yehuda setelah Yerusalem jatuh, kemudian dia dibawa ke Mesir, bertentangan dengan keinginannya, dan meninggal di negeri yang penuh penyembahan berhala itu. Namun sebelum ia meninggal, datanglah firman Tuhan untuk Barukh. Namun secara kronologis, firman Tuhan ini disampaikan pada waktu jaman pemerintahan raja Yoyakim di Yerusalem. Firman Tuhan ini merupakan jawaban atas keluh kesah Barukh dalam mendampingi Yeremia. Dan juga mungkin menunjukkan keadaan pelayan TUHAN masa kini.

Adalah hal yang wajar bagi seorang Barukh untuk memimpikan hal yang besar seperti kedudukan dan kehormatan. Mengapa demikian? Karena ia telah mendampingi Yeremia, nabi yang luar biasa dipakai TUHAN. Namun, sebagai pembantu setia Yeremia, Barukh pasti ikut mengalami risiko yang hebat dari pelayanan Yeremia. Mengamati apa yang menimpa Barukh kita pasti cenderung untuk membenarkan sikap Barukh yang mengeluh, atau paling tidak beranggapan bahwa reaksi Barukh adalah hal yang wajar dalam pelayanan. Barukh seperti juga Yeremia bukanlah mendapatkan hal yang baik dalam pelayanan namun ternyata justru kesukaran demi kesukaran yang harus mereka hadapi. Barukh bahkan dituduh menghasut Yeremia untuk menubuatkan hal yang buruk bagi umat Yehuda yang berencana lari ke Mesir. Akhirnya, mereka kemudian dipaksa ikut ke Mesir. Melalui firman TUHAN yang disampaikan oleh Yeremia, TUHAN menegur Barukh yang telah berkeluh kesah agar supaya ia tidak mengharapkan perlakuan yang istimewa dari TUHAN karena menganggap bahwa ia telah berjasa dalam mendampingi Yeremia. Tetapi dalam teguran itu TUHAN berjanji akan menjaga hidupnya kemanapun ia pergi.

Banyak orang beranggapan bahwa melayani TUHAN itu sungguh menyenangkan tanpa adanya kesukaran atau masalah. Akan tetapi jika mereka menyadari bahwa konsekuensi melayani Tuhan adalah menderita demi kebenaran apakah masih tetap mau melayani TUHAN? Karena itu apapun yang terjadi dalam pelayanan, baik atau buruk tetaplah mengucap syukur dan teruslah melayani dengan setia karena TUHANlah yang menjadi jaminan setiap kehidupan hamba-hambaNya.

Konsekuensi dalam melayani TUHAN adalah menderita demi kebenaran karena itu apapun yang terjadi tetaplah setia karena TUHANlah yang menjadi jaminan kehidupan setiap hamba-hambaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 45:3 "Oleh karena engkau telah berkata: Celakalah aku, sebab TUHAN telah menambahkan kedukaan kepada penderitaanku! Aku lesu karena keluh kesahku dan aku tidak mendapat ketenangan,.."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 06'02'19: Imamat 22 - 24

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT