Devotion 1153 : ADA ALASANNYA

Devotion 1153 - Dr. Heintje Kobstan
ADA ALASANNYA
Bacaan: Ratapan 1

Secara tradisi, Yeremia diyakini sebagai penulis kitab Ratapan. Kitab ini diperkirakan dituliskan dalam kurun waktu antara tahun 586- 575 SM, tidak lama setelah jatuhnya Yerusalem. Yeremia dikenal sebagai nabi cengeng atau nabi peratap. Biasanya kita meratap karena kehilangan orang yang dicintai. Tetapi hal ini sangat berbeda dengan Yeremia, ia meratap bukan karena kehilangan seseorang tetapi karena suatu bangsa yang sangat dikasihinya. Sebagai akibat dari berlanjutnya penyembahan berhala Yudea, Allah mengijinkan Babel untuk menaklukkan, menjarah, membakar, dan menghancurkan Yerusalem. Bait Salomo, yang telah berdiri selama 400 tahun, habis terbakar.

Nabi Yeremia, saksi mata akan peristiwa ini, menulis Kitab Ratapan sebagai bentuk keluh kesahnya atas hukuman yang jatuh kepada Yudea dan Yerusalem. Dalam ratapan pertama ini, sang nabi berkata tentang keadaan malang dan menyedihkan yang telah menimpa kota Yerusalem. Seseorang mungkin akan menikmati kesenangan dari dosa dan kebejatan untuk sesaat, tetapi akhirnya perbudakan kepada Iblis dan dampak-dampak keinginan dosa akan menjadi nyata. Kesukaran, keputusasaan dan kebinasaan akan menimpa semua orang yang tidak berbalik kepada Allah dalam pertobatan. Memang sungguh tragis nasib Yehuda, tidak ada yang bisa dilakukan oleh Yeremia bahkan bangsa-bangsa disekitarnya tidak dapat menolongnya.

Ketika TUHAN murka dan menghukum bukan untuk membinasakan melainkan untuk mendisiplin, memurnikan, supaya akhirnya bisa memulihkan umatNya dalam kekudusan dan kemuliaanNya. Sebab hanya Tuhanlah yang benar, semua yang diperbuatNya karena didasari oleh suatu alasan. Alasannya adalah Yehuda telah memberontak terhadap firmanNya sehingga Ia murka dan menghukumnya.

TUHAN bukanlah Allah yang semena-mena yang menghukum umatNya, namun jika Ia menghukum pastilah karena suatu alasan yaitu agar umatNya bertobat dan menaati firmanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Ratapan 1:18 "TUHANlah yang benar, karena aku telah memberontak terhadap firman-Nya; dengarlah hai segala bangsa, dan lihatlah kesedihanku; dara-daraku dan teruna-terunaku pergi sebagai tawanan."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 19'02'19: Bilangan 34 - 36

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT