Devotion 1149 - KEDAULATAN TUHAN

Devotion 1149 - Dr. Heintje Kobstan
KEDAULATAN TUHAN
Bacaan: Yeremia 49

Dalam pasal ini, Yeremia bernubuat kepada 5 bangsa, yaitu Amon, Edom, Damsyik, Suku-suku bangsa Arab, dan Elam. Nubuatan itu semuanya bertema tentang kehancuran yang akan menimpa mereka. Mereka pada dasarnya mengandalkan kekayaan, kekuatan, benteng perlindungan, keadaan alam dan sudah pasti juga kepada dewa-dewa mereka. Walaupun bangsa-bangsa ini dinubuatkan untuk mengalami kehancuran namun bukan berarti TUHAN tidak akan memulihkan mereka kembali. Mereka yang mengalami janji pemulihan adalah Amon dan Elam.

Mengapa hanya Amon dan Elam yang mendapatkan janji pemulihan? Tidak diketahui alasannya mengapa, namun semua dalam kedaulatan TUHAN. Pemulihan itu adalah anugerah TUHAN, bukan mereka yang meminta pemulihan tersebut tapi TUHAN sendirilah yang berjanji. Dan janji TUHAN itu ya dan amen. Seperti kata Yesus dalam Yohanes 15:16, "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu..." Setiap kita, umat manusia tidak dapat menentukan dari rahim siapa kita akan dilahirkan, atau dari suku mana kita akan berasal, pada tahun berapa kita harus lahir, dsb. Tetapi TUHANlah yang telah memilihkannya bagi kita. Begitu juga dengan bangsa-bangsa yang mendapatkan penghukuman TUHAN. Mereka tidak bisa melarikan diri dari hukuman itu, karena mereka tidak berkuasa untuk mengubah apa yang telah ditetapkan TUHAN. Begitu juga dengan janji pemulihan kepada Amon dan Elam, ini juga adalah kedaulatan TUHAN, dan bangsa-bangsa lain tidak dapat memprotes apa yang telah ditetapkan TUHAN. Dan apa yang telah ditetapkan TUHAN akan menghabiskan sesuatu yang baik, pada waktu pencurahan Roh Kudus di Yerusalem, bangsa Elam pun hadir disana (Kis.2:9).

Karena itu, sebagai umat TUHAN kita harus mengakui akan kedaulatan TUHAN. Jika TUHAN sudah memilih dan menetapkan apa yang harus kita lakukan dalam hidup ini maka bersyukurlah serta jalani dengan penuh kesetiaan.

Sadarilah bahwa ada kedaulatan TUHAN yang mengatur kehidupan ini, karena itu bersyukurlah dan jalani dengan penuh kesetiaan apa yang telah ditetapkan TUHAN atas hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 49:39 "Tetapi di kemudian hari Aku akan memulihkan keadaan Elam, demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 12'02'19: Bilangan 13 - 15

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT