Devotion 1144 : ILAH ZAMAN INI

Devotion 1144 - Dr. Heintje Kobstan
ILAH ZAMAN INI
Bacaan: Yeremia 44

Dengan terpaksa Yeremia dan Barukh harus mengikuti Yohanan dan Azarya beserta seluruh Yehuda ke Mesir. Kehidupan Yeremia di Mesir tampaknya tidak bahagia. Negeri itu penuh berhala; Orang-orang sebangsanya sendiri tidak menaruh perhatian kepadanya, dan dia nyaris tidak mungkin mengharapkan perlakuan baik di tangan pemerintah karena berita firman TUHAN yang ia sampaikan sepertinya berpihak kepada Babel. Walaupun demikian Yeremia tetap menyampaikan firman TUHAN kepada mereka walau mereka tidak mendengarkannya.

Yeremia sepertinya gagal menjadi nabi atas bangsanya karena bangsanya tetap hidup dalam kejahatan. Walaupun TUHAN sudah menghancurkan Yehuda karena kejahatan mereka, namun bangsa itu tetap saja melakukan kejahatan. Bahkan dengan terang-terangan mereka membandingkan penyembahan kepada TUHAN dengan penyembahan kepada ratu sorga. Bahwa ketika mereka tidak beribadah kepada ratu sorga keadaan mereka aman dan cukup makan. Namun karena mereka berhenti mempersembahkan korban curahan kepada ratu sorga maka mereka mengalami kekurangan dan dihabisi oleh pedang dan kelaparan. Dan penyembahan kepada ratu sorga ini pun dilakukan secara koorporat, suami istri bukan orang per orang. Walau mereka menolak firman Tuhan, tetapi TUHAN tetap berfirman kepada Yeremia yang menyatakan semua orang Yehuda di Mesir akan dimusnahkan oleh TUHAN. Bahkan Firaun Hofra yang memerintah Mesir akan mengalami nasib yang sama seperti Zedekia.

Seperti suami isteri Yehuda yang menyembah ratu sorga, apakah mungkin pemurtadan seperti ini juga melanda keluarga Kristen dan umat TUHAN saat ini? Secara lahiriah mereka adalah orang Kristen tetapi dalam seluruh perilaku hidup ternyata mereka menyembah ilah zaman ini. Mereka memungkiri kuasa TUHAN bahkan menolak firman TUHAN. Waspadalah sebab hal ini sedang menggerogoti iman umat TUHAN saat ini.

Waspadalah! Perlahan tapi pasti bahwa ilah zaman ini sedang menggerogoti iman umat TUHAN, dan pada akhirnya mereka akan memungkiri kuasa TUHAN dan menolak firmanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 44:23 "Kamu telah membakar korban dan kamu telah berdosa kepada TUHAN, tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak mengikuti Taurat-Nya, ketetapan-Nya dan peraturan-Nya, itulah sebabnya malapetaka ini menimpa kamu, seperti yang ternyata sekarang ini."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 05'02'19: Imamat 19 - 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT