Devotion 1156 : DARI ATAS TURUN KEBAWAH

Devotion 1156 - Dr. Heintje Kobstan
DARI ATAS TURUN KEBAWAH
Bacaan: Ratapan 4

Yeremia menggambarkan keadaan Yerusalem di pasal ini dalam keadaan yang mengerikan. Bahkan Calvin mengatakan bahwa ayat 1 merujuk pada bait Allah yang emasnya habis dijarah, bersamaan dengan kejatuhan Yerusalem. Ayat 5-8 menggambarkan bagaimana orang-orang yang paling kaya dan terawat sekalipun telah menjadi pemulung dan pengemis. Namun ternyata keadaan Yerusalem lebih buruk daripada itu. Ibu-ibu tidak dapat menyusui anak mereka, walaupun menyusui anak adalah hal yang begitu mendasar. Parahnya lagi karena kelaparan merajalela sehingga wanita, yang lemah lembut tega memasak anak-anak mereka untuk dimakan. Kengerian yang begitu dahsyat telah melahap habis kemasyhuran masa lalu umat pilihan Allah ini.

Hukuman yang begitu dahsyat ini ternyata bermula dari kedurjanaan para imam dan dosa para nabi (ay.13). Mereka menumpahkan darah orang benar dan orang tidak bersalah. Akibatnya mereka pun tercemar dan menjadi najis karena darah orang-orang tersebut. Sehingga kemanapun mereka pergi, mereka ditolak dan dianggap najis. Ternyata salah satu faktor kebobrokan suatu bangsa adalah para pemimpinnya termasuk didalamnya para pemimpin rohani. Mereka tidak bertugas atau bertanggung jawab untuk membangun moral bangsa tetapi justru mendegradasikannya. Di sepanjang riwayat kerajaan Israel dan Yehuda kita melihat sikap hidup dan spiritualitas pemimpin sangat menentukan spiritualitas rakyat. Sehingga firman TUHAN menyatakan bahwa urapan itu mengalir dari atas kebawah. Jadi, kebobrokan suatu bangsa bermula dari atas kebawah. Oleh karena dosa berjemaah dari suatu bangsa maka kengerian pun terjadi atas bangsa itu. Tetapi hukuman ini haruslah diresponi dengan ucapan syukur sebab TUHAN ternyata melalui hukuman ini, masih menyayangi dan menginginkan bangsa ini berbalik dari jalan-jalan mereka yang jahat (ay.22).

Pelajaran hari ini bahwa keadaan pemimpin sangat berpengaruh dalam kehidupan mereka yang dipimpin. Spiritualitas dan moralitas para pemimpin akan mempengaruhi spiritualitas dan moralitas kehidupan mereka yang dipimpin. Pengurapan itu mengalir turun dari atas kebawah, sehingga jika ingin melihat keadaan para pemimpin maka lihatlah keadaan mereka yang dipimpin.

Spiritualitas dan moralitas para pemimpin akan mempengaruhi spiritualitas dan moralitas kehidupan mereka yang dipimpin.

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 23'02'19: Imamat 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT