Devotion 1148 : SIAPAKAH TEMPAT PERLINDUNGANMU?

Devotion 1148 - Dr. Heintje Kobstan
PADA SIAPA ENGKAU BERLINDUNG?
Bacaan: Yeremia 48

Kali ini giliran Moab yang mendapatkan firman TUHAN melalui Yeremia. Orang Moab adalah keturunan Moab, anak laki-laki Lot, keponakan Abraham (Kej. 19:30-38). Mereka tinggal di Lembah Yordan, sebelah timur Laut Mati. Masa lalu Moab digambarkan kelam oleh Alkitab. Walau bersaudara dengan Israel, namun mereka bermusuhan. Mereka sering terlibat konflik satu sama lain, sebab bangsa Israel mengklaim wilayah Moab dan menuntut klaim ini manakala mereka kuat. Moab pernah berupaya mengutuk Israel melalui nabi palsu Bileam (Bil. 22-24). Saat gagal, mereka memakai para wanitanya untuk menggoda pria-pria Israel berzina dengan menyembah dewa mereka (Bil. 25).

Moab begitu membanggakan topografi yang mereka miliki sebab itu bangsa Moab sulit untuk diserang oleh musuh. Dosa mendasar Moab diungkapkan, yaitu rasa aman yang berlebihan karena mengandalkan benteng alamiah dan kekayaan dan terutama pada dewa mereka, Kamos. Moab sebelumnya memang hidup dengan nyaman dan mapan. Mereka tidak pernah mengalami serbuan tentara asing. Ibarat anggur yang belum pernah diminum yang tersimpan dengan aman dalam tempayannya. Kesombongannya akan dipatahkan oleh pukulan dahsyat yang mendadak. Bagaimanakah Allah melakukan semua itu? Melalui Babel, negeri yang kokoh itu ditaklukkan bahkan dewa Kamos dipermalukan oleh Allah dengan membawanya ke pembuangan bersama mereka. Benteng, kekayaan bahkan Kamos sekalipun ternyata tidak berdaya menolong mereka untuk melepaskan diri dari tangan Allah yang Mahadahsyat.

Kehidupan yang aman, tentram dan nyaman yang dibangun dengan kekuatan manusia dan yang dibanggakan, dalam sekejap bisa hancur berantakan. Benteng-benteng kekuatan, kekayaan, kekuasaan, kejayaan yang telah engkau bangun dan menjadi tempat perlindunganmu pun dapat hancur dalam sekejap. Apalagi mereka yang berharap pada ilah-ilah pun tidak dapat menyelamatkan mereka pada waktu kesukaran. Karena itu yang terbaik adalah berlindung pada Allah yang hidup maka hidupmu akan aman, tentram dan nyaman.

Janganlah berlindung pada apa yang dibangun oleh manusia karena itu akan hancur binasa, namun berlindunglah pada Allah yang hidup maka hidupmu akan aman, tentram dan nyaman.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 48:7 "Sungguh, oleh karena engkau percaya kepada bentengmu dan perbendaharaanmu, maka engkau pun akan direbut; Kamos akan pergi ke dalam pembuangan, bersama-sama dengan para imam dan pemukanya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 09'02'19: Bilangan 4 - 6

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT