Devotion 1085 : JANGAN BERLAGAK TULI

Devotion 1085 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN BERLAGAK TULI
Bacaan: Yesaya 51

Seringkali kita bersikap tidak sabar ketika mengajar seseorang apakah itu anak kita, pegawai, murid, dan mereka tidak mengerti atau memahami ajaran atau arahan kita. Hal inilah yang dialami oleh Israel, bahwa TUHAN telah mengatakan bahwa Israel itu buta dan tuli (Yes.42:18-20). Berulangkali Tuhan menegur dan menasehati mereka tetapi apa yang mereka lakukan justru sebaliknya. Mereka tidak mempercayai maksud kebaikan Tuhan malah memberontak melawanNya. Sehingga dengan sendirinya merekalah yang membawa diri untuk berada dalam penghukuman. Karena keras kepala maka firman Tuhan seolah-olah masuk telinga kiri dan langsung keluar ke telinga kanan.

Tetapi apakah TUHAN frustasi dan kemudian meninggalkan mereka? Tidak! Malah dalam pasal ini 4 kali Tuhan berkata kepada mereka untuk mendengarkan firmanNya (ay.1,4,7,21). Hal ini berarti TUHAN tidak putus asa betapapun bebalnya Israel. TUHAN tetap berbelas kasih dan tetap menyatakan kasih setiaNya kepada mereka. Mendengar berhubungan dengan sikap hati. TUHAN ingin agar Israel mendengar apa yang Ia katakan agar supaya sikap hati mereka berubah menjadi hati yang lembut dan mau diajar. Mendengar adalah tugas dari seorang murid yang mau belajar dari gurunya. Guru yang Agung adalah Tuhan dan murid yang baik adalah mereka yang mendengar dengan seksama. Mendengar juga adalah bagian dari pelayanan seorang hamba. Hamba yang baik akan menyimak kata-kata tuannya agar ia tidak salah melakukan apa yang dikehendaki sang Tuan. Israel adalah hamba dan TUHAN adalah tuan mereka. Israel disuruh mendengar agar mereka tahu apa yang TUHAN lakukan sejak lampau dan janji keselamatan itu bukan bohongan tetapi keselamatan itu akan datang segera dan Tuhan sendiri yang akan menghukum bangsa-bangsa yang telah menindas Israel. Sehingga dengan demikian Israel dapat kembali mempercayai TUHAN yang menyelamatkan mereka. Sebagai murid dan hamba janganlah menutup telinga kita atau berlagak tuli tetapi sendengkanlah telingamu setiap hari kepada pengajaran dan nasehat TUHAN melalui firmanNya.

Janganlah berlagak tuli atau menutup telingamu akan pengajaran firman Tuhan tetapi sendengkanlah telingamu kepada pengajaranNya maka engkau akan hidup dan hidup dalam anugerahNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 51:4 "Perhatikanlah suara-Ku, hai bangsa-bangsa, dan pasanglah telinga kepada-Ku, hai suku-suku bangsa! Sebab pengajaran akan keluar dari pada-Ku dan hukum-Ku sebagai terang untuk bangsa-bangsa."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 26'10'18 : Markus 13 - 15

#kingdomdevotion #palubangkit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT