Devotion 1071 : MENGHINA TUHAN

Devotion 1071 - Dr. Heintje Kobstan

MENGHINA TUHAN

Bacaan: Yesaya 37

Dengan berani juru minum agung raja Asyur menghina Tuhan. Melalui penghinaan itu, Asyur mencoba melakukan intimidasi kepada Hizkia dan seluruh rakyat Yehuda. Mereka bahkan telah merebut kota-kota berkubu dan mengepung Yehuda. Tetapi yang dilakukan oleh Hizkia adalah ia memakai pakaian kabung bersama seluruh pegawai kerajaan dan masuk kerumah Tuhan serta menyerahkan segala perkara kepada Tuhan (ay.1-4). Maka lewat perantaraan Yesaya, Tuhan pun menyatakan firman pengharapan kepada Hizkia dan juga hal yang akan menimpa Sanherib.

Bukan hanya sekali mereka menghina Tuhan, malah untuk kedua kalinya utusan datang ke Yehuda dengan membawa surat yang berisi  intimidasi dan penghinaan kepada Tuhan. Tetapi apa yang dilakukan oleh Hizkia, ia membawa surat itu ke bait Allah dan membukanya dihadapan Tuhan. Nama menunjukkan natur orang tersebut, maka dengan menghina nama Tuhan, berarti telah menghina pribadi Tuhan sendiri. Maka Tuhan pun harus menunjukkan supremasi dan kekudusanNya kepada Asyur dan juga Yehuda. Tuhan menjawab doa Hizkia dan menunjukkan murkaNya kepada Sanherib. Memang Tuhan telah memakai Asyur sebagai alat untuk menghukum bangsa-bangsa. Tetapi kini Asyur telah menjadi sombong dan meninggikan diri dihadapan Tuhan bahkan berani menghina Tuhan. Maka Tuhan pun menghukum Asyur dan Sanherib. Sanherib mati dibunuh anak-anaknya saat sujud menyembah di kuil Nisrokh. Tidak ada satupun dari mereka yang menghina Tuhan dibiarkan hidup tanpa mendapatkan hukuman. Pasal ini mengajarkan kepada umat Tuhan untuk tidak menghina Tuhan dan menyombongkan diri dihadapanNya. Karena itu, muliakanlah namaNya selalu dalam setiap aspek hidup kita, umatNya.

Mereka yang menghina Tuhan dan menyombongkan diri dihadapanNya tidak akan luput dari hukuman Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 37:29 "Oleh karena engkau telah mengamuk terhadap Aku, dan kata-kata keangkuhanmu telah naik sampai ke telinga-Ku, maka Aku akan menaruh kelikir-Ku pada hidungmu dan kekang-Ku pada bibirmu, dan Aku akan memulangkan engkau melalui jalan, dari mana engkau datang."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 02'10'18 : Mikha 4 - 7

#kingdomdevotion #prayforpalu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT