Devotion 1084 : SEKOLAH TUHAN

Devotion 1084 - Dr. Heintje Kobstan
SEKOLAH TUHAN
Bacaan: Yesaya 50

Semisal ada seorang yang mengambil kredit untuk keperluan usaha dengan menjaminkankan rumahnya maka ketika orang tersebut tidak mampu melunasi kredit tersebut maka rumahnya pun tersita. Orang tersebut tidak bisa protes jika rumahnya disita, karena hal itu terjadi atas kesalahannya sendiri. Demikian juga dengan orang Israel pada pasal ini, mereka terjual menjadi tawanan dan budak karena kesalahannya sendiri. Israel tidak bisa protes kepada Tuhan akan keadaan mereka. Mengapa demikian? Karena Israel mencurigai Tuhan bahwa mereka terjual karena kesalahan Tuhan bukan kesalahan mereka.

Tetapi apakah Tuhan salah? Kecurigaan ini timbul karena ketidakpercayaan umat Tuhan akan kesetiaanNya. Tuhan tidak pernah salah karena umat Tuhan diberikan kebebasan untuk memilih, menaati Tuhan atau tidak dengan segala konsekuensinya. Mengapa mereka tidak percaya, karena mereka terpikat dan terseret oleh keinginan daging, lebih condong kepada menyembah berhala daripada Tuhan yang memelihara hidup mereka. Karena itu, Yesaya menegaskan agar Israel kembali lagi ke jati dirinya yaitu sebagai hamba Tuhan. Kembali lagi ke bangku sekolah Tuhan, belajar dan menaati kehendakNya. Menyendengkan telinga untuk mendengar segala pengajaranNya. Dan mulai melatih lidah untuk tidak putus-putus memperkatakan firman Allah agar dapat menguatkan hati yang lemah dan semangat yang pudar (ayat 4-5). Bukan memakai lidah untuk protes kepada Tuhan jika berada dalam masalah karena kesalahan sendiri atau mengatakan yang sia-sia, tetapi selalu memperkatakan keselamatan dan pembebasan serta pengharapan bagi mereka yang tertawan dan yang lemah. Sehingga setiap mereka yang mendengar pengajaranNya lewat hamba Tuhan akan percaya kepada nama Tuhan dan bersandar padaNya. Biarlah setiap hamba Tuhan kembali masuk dalam sekolah Tuhan setiap hari yang akan mempertajam telingamu akan pengajaranNya dan melatih lidahmu untuk mengajarkan firman Tuhan yang murni yang akan menguatkan dan memberikan semangat baru kepada mereka yang letih lesu dan berbeban berat.

Masuklah dalam sekolah Tuhan yang akan mempertajam pendengaranmu akan pengajaranNya dan melatih lidahmu untuk mengajarkan firman Tuhan yang memberikan semangat baru kepada mereka yang letih lesu dan berbeban berat.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 50:4 "Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 25'10'18 : Markus 10 - 12

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

  1. amin, pak. Biarlah kehidupan dan mulut serta hati selaras dengan FIRMAN TUHAN. biarlah yg lemah berkata Aku Kuat dan yg miskin berata aku Kaya. amin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT