Devotion 1074 : PENGHIBURAN DI MASA KESENGSARAAN

Devotion 1074 - Dr. Heintje Kobstan
PENGHIBURAN DI MASA KESENGSARAAN
Bacaan: Yesaya 40

Saya teringat ketika diawal perkuliahan di S1, saya terpilih untuk ikut drama natal kolosal. Waktu itu saya berperan sebagai seorang yang berseru-seru di padang gurun. Dalam peran itu, saya menyanyikan secara solo ayat 3-5. Saya hanya ikut ajakan senior untuk ambil bagian dalam drama tersebut tanpa mengerti makna yang terkandung dalamnya. Ternyata pasal ini berbicara penghiburan kepada Yerusalem dimana mereka sedang berada dalam pembuangan. Yesaya menghibur umat Allah dengan bernubuat kepada angkatan mendatang tentang kabar baik bahwa masa hukuman Allah hampir usai dan keselamatan dan berkat akan tiba.

Penghiburan itu datang dalam 3 hal, yaitu pertama berita tentang penghiburan bagi umat Tuhan bahwa masa hukuman sudah berakhir (ay.1-2). Allah sudah mengampuni dan sekarang siap memulihkan. Sehingga perlu dipersiapkan jalan agar mereka bisa kembali dari pembuangan dalam kemuliaan Tuhan. Kedua, bahwa firman Allah itu tidak berdusta dan tetap ada untuk selama-lamanya. Janji pembebasan bukanlah berita hoax tetapi suatu kenyataan yang harus dipercayai oleh seluruh umatNya. Ketiga, bahwa Tuhan akan menyatakan keperkasaanNya. Dengan tanganNya, Ia akan membebaskan umatNya dari pembuangan. Dan dengan tanganNya, Ia akan menggembalakan mereka. Berita penghiburan ini bukan hanya datang kepada Yerusalem, tetapi juga kepada seluruh umat Tuhan yang sedang menderita dalam kesengsaraan hidup. Bahkan juga secara khusus kepada mereka yang sedang ditimpa bencana gempa dan tsunami. Bagi mereka yang sengsara dan berseru-seru kepada Tuhan, Ia tidak akan meninggalkan mereka sendiri. Ia akan datang memberikan penghiburan kepada mereka. Bahwa Tuhan bukan hanya sekedar memberikan penghiburan, Ia juga memberikan pemulihan dan kelegaan serta memberikan kekuatan yang baru untuk bangkit kembali dan keluar dari kesengsaraan. Karena itu tetap percaya dan berharap kepada Tuhan, Sebab Ia adalah Gembalamu yang tak pernah meninggalkanmu dalam kesengsaraan.

Dimasa kesengsaraan jangan tinggalkan Tuhan tetapi tetap percaya dan berharap padaNya karena Ia adalah Gembalamu yang tak pernah meninggalkanmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 40:11 "Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 05'10'18 : Zefanya 1 - 3

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT