Devotion 1076 : HAMBA TUHAN

Devotion 1076 - Dr. Heintje Kobstan
HAMBA TUHAN
Bacaan: Yesaya 42

Sang Pembebas telah dijanjikan TUHAN untuk Yehuda yang dalam pembuangan. Namun Pembebas disini bukan hanya sekedar utusan TUHAN untuk membebaskanmu umatNya tetapi lebih daripada itu ia adalah hamba Tuhan. Hamba Tuhan ini seorang nabi, ia ditunjuk dan diutus oleh TUHAN sendiri, ia dijiwai roh TUHAN, ia yang harus mengajar seluruh dunia dengan hati-hati namun tegas walaupun mendapatkan perlawanan. Nabi ini mempunyai tugas lebih luas daripada tugas nabi-nabi lainnya sebab ia sendiri menjadi suatu perjanjian dan terang. Iapun melaksanakan karya pembebasan dan penyelamatan.

Siapakah Nabi tersebut? Apakah Koresy? Ia adalah seorang Hamba Tuhan melebihi Koresy bahkan nabi-nabi yang pernah ada dan ia bukanlah seorang manusia biasa. Sebagai Oknum Pilihan, Dia akan menjadi Kepala berdasarkan perjanjian atas umat pilihan Allah. Roh Kudus memberiNya kuasa untuk menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. Semua hal ini merujuk kepada satu pribadi yaitu Yesus Kristus Tuhan. Apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus  Tuhan di muka bumi selama Ia hidup adalah untuk mengerjakannya tugas seorang Hamba Tuhan atau nabi yang dimaksudkan dalam pasal ini. Tetapi apakah tugasNya telah berhenti setelah Ia naik ke sorga? Tidak! Melalui kuasa Roh Kudus maka semua umatNya ditunjuk dan diutus untuk menjadi hamba Tuhan yang melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Yesus Kristus. Saat ini, ada yang terpanggil untuk melayani Tuhan sepenuh waktu tetapi juga ada yang melayani sepenuh hati melalui pekerjaan atau kehidupan mereka. Bahwa tidak semua harus menjadi Pendeta tetapi semua umat Tuhan harus menjadi hambaNya, sehingga apa yang dilakukan mempunyai tujuan memuliakan nama Tuhan. Seorang hamba Tuhan harus memiliki panggilan Tuhan sebagai dasar pelayanannya. Tanpa hal tersebut, ia dapat goyah sewaktu menjalani proses pembentukan dari Tuhan. Mereka yang nekat menjadi hamba Tuhan walaupun tidak mendapat panggilanNya akan menjadi hamba Tuhan 'palsu' yang justru akan merusak pelayanan Tuhan dan Gereja. Jangan menjadikan pelayanan sebagai tempat untuk mencari nafkah tetapi berilah hidupmu sepenuhnya untuk melayani Tuhan dan lihatlah bahwa Tuhan akan memelihara kehidupanmu.

Pelayanan bukanlah tempat untuk mencari nafkah tetapi berilah hidupmu untuk melayani Tuhan dengan segenap hati, kekuatan dan akal budimu dan lihatlah Ia sendiri yang akan memelihara hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 42:1 "Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 10'10'18 : Zakharia 12 - 14

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT