Devotion 1072 : TUHAN YANG MERESPONI DOA UMATNYA

Devotion 1072 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MERESPONI DOA UMATNYA
Bacaan: Yesaya 38

Bagaimana perasaanmu jika seandainya mendapatkan vonis dokter bahwa hidupmu hanya sisa sebulan lagi? Apa yang akan engkau lakukan untuk mengisi hidupmu yang sisa sebulan lagi? Mungkin banyak yang tidak siap jika mendengar kabar buruk seperti itu? Kematian bisa menjadi suatu hal yang sangat menakutkan. Hizkia, raja Yehuda pada pasal ini sedang menghadapi 2 hal yang menakutkan. Pertama, ancaman serangan dari Asyur dan kedua adalah Yesaya memberitahu tentang hari kematiannya. Sakit yang sedang dialami Hizkia saat itu adalah sakit barah (bisul).

Apa yang dilakukan Hizkia ketika mendengar vonis kematian dari Yesaya? Ia kemudian memalingkan mukanya ke dinding dan berdoa menyampaikan petisi kepada Tuhan dalam kesedihan yang sangat (ay.3). Sebelum Yesaya melangkahkan kaki keluar dari istana, datanglah firman Tuhan padaNya sehubungan dengan hari hidup Hizkia. Karena doa dan kesedihan yang sangat dari Hizkia maka Tuhan memanjangkan umurnya selama 15 tahun lagi. Bukan hanya itu, Hizkia juga dapat bonus bahwa Tuhan akan menghalau Asyur dari hadapannya. Namun yang jadi pertanyaan, apakah doa Hizkia yang mengubah ketetapan Tuhan atas hari hidupnya? Ketetapan Tuhan tak berubah, jika tidak Ia adalah Allah yang plinplan. Sebelum ketetapan Tuhan diberitahukan kepada Hizkia, apakah Tuhan tidak tahu bahwa nanti Hizkia akan berdoa menyampaikan repetisi? Pasti tahu karena itu, sebelum ketetapan dijatuhkan, Tuhan sudah punya jawaban atas doanya Hizkia. Apa yang disampaikan Tuhan lewat Yesaya merupakan kesempatan bagi Hizkia untuk bertobat. Jika Hizkia bertobat maka ketetapan Tuhan atas umurnya diperpanjang, jika tidak maka ia akan mati dengan penyakitnya. Jadi doa Hizkia tidak mengubah ketetapan Allah karena Allah sudah merencanakan untuk memperpanjang hidup Hizkia sebelum Hizkia berdoa. Walaupun doa tidak mengubah kehendak Allah (dalam paradoks berpikir) tetapi Allah kita adalah Allah yang meresponi doa-doa umatNya. Karena itu dalam segala waktu dan dalam segala hal berdoalah dengan tidak jemu-jemu.

Berdoalah dengan tidak jemu-jemu karena Tuhan kita adalah Tuhan yang meresponi setiap doa umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 38:5 "Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi..."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 03'10'18 : Nahum 1 - 3

#kingdomdevotion #prayforpalu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT