Devotion 1083 : HAMBA TUHAN PALSU

Devotion 1083 - Dr. Heintje Kobstan
HAMBA TUHAN PALSU
Bacaan: Yesaya 49

Banyak ahli bersepakat bahwa yang dimaksudkan sebagai hamba TUHAN disini adalah Yesus Kristus. Banyak juga yang menyatakan bahwa pasal ini merupakan syair kedua mengenai hamba TUHAN. Jika yang pertama hamba TUHAN itu ada untuk menyatakan hukum maka di bagian ini, hamba TUHAN merupakan seorang yang telah ditentukan sejak dari dalam kandungan yang bertugas untuk pemulihan umat Israel. Banyak yang beranggapan bahwa status seorang hamba TUHAN lebih tinggi dari kebanyakan orang. Padahal istilah hamba ini menyiratkan ketaatan dan tugas seorang abdi pada tuannya.

Apakah ditujukan kepada Yesus Kristus? Atau Koresy? Atau Israel? Marilah kita melihat tugas seorang hamba TUHAN dalam pasal ini. Ia adalah yang dipilih sejak dari kandungan untuk mengumpulkan Israel yang sudah terserak karena hukuman Tuhan (ay.5). Ia juga dipanggil bukan saja untuk Israel tetapi juga untuk menyatakan terang kepada bangsa-bangsa (ay.6). Dalam melaksanakan tugasnya, Allah telah menjamin kehidupannya (ay.4b) jadi tidak perlu kuatir akan kebutuhan hidupnya. Tuhan juga akan menegakkan dirinya di hadapan bangsa-bangsa (ay.7). Bahwa hamba TUHAN itu adalah mereka yang dengan taat melakukan maksud dan kehendak Tuhan. Jadi bisa jadi hamba TUHAN itu adalah semua orang percaya yang terbeban dan terpanggil untuk melayani TUHAN. Dalam menjalankan tugas sebagai hamba TUHAN, akan banyak tantangan dan perlawanan, penolakan bahkan kadang banyak juga yang hampir putus asa dan kemudian meninggalkan tugas pelayanan. Seorang hamba TUHAN sejati akan teguh kepada panggilanNya. Dan jika kita sadari bahwa sungguh indah dan mulia menjadi seorang hamba Tuhan karena kita sedang melakukan pekerjaan Sang Tuan. Jangan jadi hamba TUHAN palsu yang hanya melayani diri sendiri bukan melayani Sang Tuan. Hamba TUHAN palsu hanya mencari keuntungan diri sendiri tetapi tidak melakukan kehendak Sang Tuan dengan taat dan setia. Hamba TUHAN palsu hanya mencari penghormatan untuk dirinya sendiri bukan penghormatan kepada Sang Tuan. Hamba TUHAN palsu memutarbalikkan kebenaran bukan menegakkannya. Karena itu, jangan jadi hamba TUHAN palsu tetapi jadilah hamba TUHAN sejati. Dan jangan menjadikan hamba TUHAN sebagai profesi atau tempat pelarian karena inilah awal kegagalan dari sebuah pelayanan.

Hamba TUHAN adalah mereka yang melakukan kehendak TUHAN dengan taat dan setia. Jadi setiap orang percaya yang melakukan kehendak TUHAN adalah hamba TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 49:3 "Ia berfirman kepadaku: "Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 23'10'18 : Markus 4 - 6

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

  1. Haleluja.....saya diberkati dan di buka kan lagi wawasan tentang Hamba Tuhan...walau saya sdh mengerti tetspi semakin mengerti sekarang... Tuhan Yesus memberkati My bro Ps Heintje K.... warm regards from Soul of Worship.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT