Devotion 1077 : ISRAEL ROHANI

Devotion 1077 - Dr. Heintje Kobstan
ISRAEL ROHANI
Bacaan: Yesaya 43

Israel adalah satu-satunya bangsa di seluruh dunia yang mendapatkan perhatian dan kasih  TUHAN. Mata dan perhatiannya selalu tertuju kepada Israel walaupun mereka sering memberontak dan melakukan perbuatan yang jahat di mata TUHAN. Israel telah menjadi bangsa pilihan TUHAN yang dimulai dari Abraham, Ishak dan Yakub. Yesaya pun mempertegas akan hal itu, bahwa Israel adalah milik kepunyaan Allah (ay.1) dan Ia sendiri yang berjanji akan menyelamatkan mereka. Inilah anugerah itu, bahwa perkenanan dan kasih TUHAN diberikan kepada siapa yang dikehendakiNya.

Walaupun Israel mendapatkan murka TUHAN karena apa yang telah mereka perbuatan tetapi Ia juga yang berjanji untuk menyelamatkan mereka. Sekalipun murka Ia tetap mengasihi dan menyelamatkan umatNya dari air maupun api. Kontras antara air dan api merupakan sebuah idiom yang menyatakan totalitas dari kesulitan. Untuk maksud dan tujuan apa sampai TUHAN mau menebus dan menyelamatkan Israel serta membuat mereka sangat berharga dimataNya? Hal itu dilakukan agar setiap mereka yang dipanggil dengan namaNya, diciptakan untuk mengagungkan Dia (ay.7). Israel juga adalah hamba TUHAN yang dipanggil untuk memberikan kesaksian tentang TUHAN yang mereka percayai kepada para penyembah berhala (ay.10) bahwa Tuhanlah yang sanggup menyelamatkan bukan berhala-berhala itu. Israel adalah bangsa yang dibentuk oleh TUHAN sendiri untuk mewartakan pujian bagiNya (ay.21). Inilah tugas Israel sebagai hamba TUHAN. Namun bagaimana korelasi antara Israel dengan setiap orang percaya di jaman ini? Bahwa ternyata kita, umat yang percaya kepada Kristus Yesus adalah Israel rohani (bnd Ef.2:7-12). Sebagai Israel rohani, maka umat TUHAN haruslah mewujudkan maksud dan tujuan TUHAN yang telah diberikan kepada Israel jasmani.

TUHAN menebus dan menyelamatkan umatNya untuk mengagungkan Dia, menjadi hambaNya yang menyatakan kesaksian tentang Dia dan mewartakan pujian bagi Dia.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 43:1 "Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 12'10'18 : Maleakhi 4 - 6

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT