Devotion 1075 : SANG PEMBEBAS

Devotion 1075 - Dr. Heintje Kobstan
SANG PEMBEBAS
Bacaan: Yesaya 41

Dalam segala peristiwa yang terjadi, ada maksud Tuhan didalamnya. Tidak ada peristiwa yang diluar kendaliNya atau tidak ada segala sesuatu yang kebetulan. Tuhan berdaulat sepenuhnya atas umatNya dan seluruh semesta. Apa yang terjadi kepada Yehuda ketika mereka harus berada dalam pembuangan? Mungkin bagi Yehuda adalah kesusahan dan kesengsaraan yang dialami. Tetapi maksud Tuhan agar mereka bisa ada dalam proses hidup berserah dan menanti janji Tuhan. Di sini TUHAN, yang berkuasa menentukan nasib bangsa-bangsa dan manusia, menyatakan ketetapan mahakuasaNya. Pulau-pulau atau negeri-negeri pesisir (ay.1) yang dimaksud di sini ialah negeri-negeri di Laut Tengah.

Setelah 70 tahun masa penawanan Yehuda di Babel (sebagai ganjaran akan dosa Yehuda), maka atas belas kasihan Allah, Yehuda diberikan janji pelepasan. Pelepasan itu akan dilakukan oleh seorang Pembebas yang akan diutus oleh Allah sendiri. Ini adalah suatu berita sukacita bagi Yehuda dimasa pembuangan. Pembebas itu ternyata Koresy (Sirus) yang namanya baru disebutkan dalam Yes 44:28. Koresy dibangkitkan Allah sendiri, bukannya dengan maksud memukul dan menghukum umat, seperti dahulu Sanherib dan Nebukadnezar dibangkitkan olehNya, tetapi untuk membebaskan umat. Di pasal ini, Tuhan baru menyatakan janji akan datangnya Sang Pembebas umatNya tetapi nanti di pasal 44 baru diberitahukan siapa si Pembebas itu. Artinya ada proses menunggu kegenapan janji Tuhan dari sejak diberitakan sampai digenapi. Masa menunggu dan mengetahui siapakah si Pembebas itu adalah masa yang berat karena itu adalah ujian iman. Di masa ini, Sang Pembebas itu telah diberikan dan telah diketahui oleh manusia. Dia adalah Yesus Kristus Tuhan yang akan membebaskanmu dari segala kutuk dosa, ikatan dosa dan kuasa jahat, dan juga kesusahan serta kesengsaraan hidup. Jika engkau masih berada didalam itu semua, mintalah agar Sang Pembebas membebaskanmu dari segala ikatan dosa, kesusahan dan kesengsaraan hidup. Sang Pembebas akan memberikan pemulihan yang sejati dan sempurna kepada umatNya.

Seharusnya Umat Tuhan hidup dalam kemerdekaan yang sejati, bebas dari segala ikatan dosa, kesusahan bahkan kesengsaraan hidup karena Sang Pembebas hidup di tengah umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 41:13 "Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'10'18 : Zakharia 2 - 4

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT