Devotion 1082 : CIPTAAN BARU

Devotion 1082 - Dr. Heintje Kobstan
CIPTAAN BARU
Bacaan: Yesaya 48

Seringkali manusia tidak mengindahkan nasihat, teguran, ataupun petunjuk dari orang lain. Maka ketika sesuatu terjadi dan sesuai dengan nasihat, teguran ataupun petunjuk maka menyesallah manusia. Memang penyesalan selalu datangnya belakangan, jika didepan maka namanya pendaftaran. Begitu banyak hal-hal yang terjadi di masa lampau yang telah diberitahukan Tuhan dan telah menjadi kenyataan tetapi Israel selalu bersikap tegar tengkuk dan keras kepala. Tuhan memang dengan sengaja memberitahukan sebelumnya agar supaya mereka tidak berkata bahwa berhala mereka yang telah melakukannya (ay.3-5).

Betapa Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk adalah benar bahkan hal itu telah membutakan mata rohani mereka. Israel tidak mengerti karya keselamatan Tuhan di masa lampau karena hati mereka berpaut pada berhala. Israel bagaikan umat TUHAN palsu, penuh kebohongan seolah-olah beribadah kepada Tuhan tetapi hati mereka menjauh daripadaNya. Ibadah yang mereka lakukan hanya peraturan agamawi yang penuh bau kematian. Namun apakah Tuhan meninggalkan Israel? Kasih setia Tuhan dan keterikatanNya pada perjanjianNyalah yang membuat Ia tidak memusnahkan mereka. Karena itu, Tuhan mau mengabarkan hal yang baru yang tidak diketahui Israel sebelumnya supaya mereka tidak berkata telah mengetahuinya. Bahwa Israel harus melewati masa pemurnian dalam dapur kesengsaraan. Melalui ujian kesengsaraan inilah Allah akan kembali memurnikan kasih mereka dan memberi masa depan yang baru yaitu keselamatan. Keselamatan seumpama pembongkaran dan pembangunan ulang. Paulus mengumpamakan keselamatan seperti penciptaan baru (2Kor. 5:17) serasi dengan ucapan Yesus tentang lahir baru (Yoh. 3:5). Jadi setiap orang yang menerima keselamatan berarti harus bersedia dibongkar oleh Tuhan untuk kemudian dibangun kembali olehNya menjadi ciptaan yang baru dalam Yesus Tuhan. Dan Tuhan pun akan mengajar membangun kehidupan yang baru itu agar kuat dan menuntun umatNya dijalanNya.

Hidup ini bagaikan bangunan, ketika seseorang diselamatkan maka seperti bangunan lama yang dibongkar dan kemudian di bangun kembali oleh Tuhan sebagai ciptaan yang baru di dalamNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 48:17 "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 21'10'18 : Matius 25 - 28

#kingdomdevotion #prayforpaluanddonggala

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT