Devotion 1024 : HIKMAT DAN PENGETAHUAN

Devotion 1024 - DR. Heintje Kobstan
HIKMAT DAN PENGETAHUAN
Bacaan: Pengkhotbah 10

Pemerintah Indonesia mewajibkan agar seluruh rakyatnya dapat bersekolah minimal sampai kelas 9. Hal ini dilakukan agar rakyat Indonesia tidak bodoh dan bisa keluar dari kemiskinan sehingga program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan bisa tercapai. Namun apa yang didapat di bangku sekolah hanya mengisi bagian intelektual manusia. Atau dalam artian yang diketahuinya hanya bersifat teoritis karena itu butuh sarana untuk dapat mempraktekkan hal teoritis tadi. Jika hanya bersifat teoritis saja tidak maka rakyat Indonesia tidak akan pernah bisa keluar dari kemiskinan.

Untuk dapat menjalani kehidupan ini dan agar supaya hidup ini bermakna maka yang dibutuhkan adalah hikmat. Ada hikmat yang berasal dari manusia, ada hikmat dunia ataupun hikmat dari si jahat tetapi lebih daripada itu adalah hikmat Tuhan. Hikmat itu akan selalu berseberangan dengan kebodohan. Hati orang berhikmat menuju ke kanan, tetapi hati orang bodoh ke kiri. Berhikmat atau tidak akan terpancar ke dalam sikap dan perbuatan sehari-hari. Hikmat akan membuat orang tahu bagaimana berespons terhadap penguasa yang marah (ay.4). Jika pemimpin tidak berhikmat ia akan menimbulkan kesalahan besar dalam salah menempatkan orang dalam posisi penting. Secara ironis pengkhotbah menyindir pemimpin yang tidak berhikmat (ay.6-8). Bahkan dalam kerja sehari-hari pun nyata betapa pentingnya hikmat (ay.9-11). Setiap hari kita dihadapkan pada pilihan yang sulit yaitu melakukan pilihan berhikmat untuk hidup dalam kehendakNya atau hidup menurut hikmat diri sendiri dan hikmat dunia. Hikmat menurut Alkitab lahir dari takut akan Tuhan, sementara hikmat dari dunia berasal dari pengetahuan manusia. Hidup takut akan Tuhan menuntun kita untuk dapat membedakan jalan kepada kebinasaan atau menuju hidup (ay.2,12). Hikmat Tuhan akan memampukan kita untuk mengaplikasikan pengetahuan yang kita terima dalam pendidikan agar menjadi berguna bagi hidup ini dan orang lain.

Pendidikan tidak serta merta membuat orang memiliki hikmat namun hanya menghasilkan pengetahuan. Sumber hikmat adalah takut akan Tuhan dan hikmat Tuhan akan menuntun seseorang untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan itu untuk kesejahteraan umat Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 10:10 "Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 21'07'18 = Yesaya 4-6

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT