Devotion 1015 : MAKNA HIDUP

Devotion 1015 - DR. Heintje Kobstan
MAKNA HIDUP
Bacaan: Pengkhotbah 1

Secara umum fungsi atau tujuan filsafat adalah sebagai alat mencari kebenaran dari segala fenomena yang ada; memberikan pengertian tentang cara hidup, pandangan hidup, dan pandangan dunia, dsb. Melalui filsafat maka manusia mencari eksistensinya dirinya dan pencarian ini akan terus terjadi tanpa akhir. Pengkhotbah menuliskan bahwa ...karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan. Apa yang dimaksudkan oleh Pengkhotbah dalam ayat ini? Pencarian akan arti atau makna hidup ternyata tidak hanya membuat frustrasi dan tak mungkin dicapai, tetapi juga menimbulkan kesedihan mental dan spiritual.

Jelas tidak ada patokan yang konsisten untuk hidup ini dimana orang bisa menjadikannya sebagai dasar bagi tindakannya. Mengapa frustasi dan tak mungkin dicapai? Hal ini bisa terjadi ketika kita mengandalkan pemikiran kita sendiri untuk menemukan makna hidup. Inilah yang dimaksudkan oleh filsafat, dan filsafat akan terus berkembang seiring dengan perkembangan pemikiran manusia itu sendiri. Pemecahannya memerlukan sesuatu yang lebih tinggi daripada hikmat, filsafat, atau gagasan manusia. Hikmat itu adalah "dari atas" (Yak 3:17), yaitu hikmat "yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita" (1Kor 2:7). Jika kita mencari ilmu untuk memuaskan pengetahuan kita saja maka itu adalah sia-sia. Manusia tidak dapat memikirkan semua tetapi hanya sebagian kecil dari hikmat Tuhan yang besar. Pengkhotbah yang adalah raja Israel telah menyadarinya semua itu bahwa adalah kesia-siaan ketika kita memaknai hidup ini dari semua yang kita punya, atau dari semua yang telah kita capai atau dapatkan dalam hidup ini. Karena makna hidup sesungguhnya hanya ada dalam Tuhan yang telah menciptakan manusia.

Makna hidup bukan didapat dari apa yang kita punya atau semua yang telah kita capai, tetapi makna hidup yang sesungguhnya adalah ketika hidupmu berpadanan dengan kehendak Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 1:18 "karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 06'07'18 = Amsal 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT