Devotion 1019 : KETAATAN MENDATANGKAN ANUGERAH TUHAN

Devotion 1019 - DR. Heintje Kobstan
KETAATAN MENDATANGKAN ANUGERAH TUHAN
Bacaan: Pengkhotbah 5

Pengkhotbah mengatakan bahwa menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik daripada mempersembahkan korban. Pada frasa mendengar adalah lebih baik, sang penulis bukan berbicara tentang datang ke Bait Allah untuk mendengarkan paparan mengenai Hukum Taurat, tetapi dalam Perjanjian Lama, kata mendengar sering mempunyai pengertian "menaati." Ada perbedaan antara orang-orang yang datang kepada Allah dengan ketaatan, yaitu yang didasari tingkah laku etis dan bermoral dengan orang-orang bodoh, yaitu orang-orang yang beribadah dengan hati yang tidak bertobat.

Mendengar dan berkata-kata pun mengandung arti bertolak belakang. Karena seringkali ketika kita menghampiriNya, bukan kegiatan mendengar yang diutamakan tetapi berkata-kata. Berkata-kata disini bisa berarti bernazar, yaitu meminta dengan mengucapkan janji. Jika Tuhan menolong saya... maka saya akan... Apakah salah? Tidak salah jika memang benar ditepati, tetapi seringkali manusia seperti pepatah berkata habis manis, sepah dibuang. Jika dalam keadaan yang terberkati maka manusia bisa cenderung melupakan Tuhan dan tidak menepati nazarnya. Ingat bahwa Tuhan tidak ingin dipermainkan dengan nazarmu, karena itu tepatilah. Apakah artinya jika kita mempunyai harta yang banyak? karena siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia. Karena itu lebih baik kita hidup dalam ketaatan agar supaya karunia dan anugerah Tuhan menyelubungi hidup ini. Sebab setiap orang yang hidup dalam anugerah akan dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya.

Ketaatan akan mendatangkan anugerah Tuhan atas hidup ini yang memberikan karunia kepada umatNya untuk dapat menikmati dan bersukacita atas segala jerih payahnya.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 5:19 "Setiap orang yang dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya — juga itu pun karunia Allah."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 14'07'18 = Pengkhotbah 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT