Devotion 1020 : MENIKMATI HASIL JERIH LELAH

Devotion 1020 - DR. Heintje Kobstan
MENIKMATI HASIL JERIH LELAH
Bacaan: Pengkhotbah 6

Manusia dalam kefanaan hidup bekerja dan berusaha untuk dapat mengumpulkan harta dan kekayaan. Bekerja dan berusaha merupakan hal yang baik dan sudah seharusnya dilakukan dalam hidup ini. Alkitab pun sangat menghargai mereka yang rajin bekerja bahkan dikatakan hai pemalas belajarlah kepada semut. Namun ada yang hidup dengan bekerja keras, menghemat sedemikian rupa, menyiksa diri dengan tidak hidup selayaknya padahal mampu untuk dilakukan karena demi mengumpulkan harta. Pengkhotbah menyatakan adalah suatu kesia-siaan jika mereka tidak dapat menikmati hasil dari jerih lelah tersebut.

Bekerja dan berusaha pasti akan mendapatkan hasil karena itu merupakan hukum Tuhan secara umum. Mereka yang bekerja pasti akan mendapatkan hasilnya. Tetapi yang menjadi pertanyaannya? Akankah mereka dapat menikmati hasil jerih lelahnya? Tidak semua manusia dapat menikmati hasil jerih lelahnya. Ada orang yang kaya raya tetapi hidupnya sakit-sakitan, ia tidak dapat menikmati hidup enak, makan enak, tidur nyenyak, dsb. Atau mungkin seseorang mempunyai kekayaan, tetapi tidak dapat menikmatinya baik karena rentang umur yang pendek atau mungkin karena sifat tamak yang membuat dia tidak pernah puas. Hal ini merupakan kesia-siaan kehidupan fana. Tetapi ada orang yang sederhana namun bisa menikmati hidupnya, makan yang enak, tidurpun nyenyak tetapi ia tak memiliki harta yang banyak. Apaguna manusia bisa hidup beribu tahun tetapi tidak dapat menikmati kehidupannya. Hanya Tuhan yang sanggup memberikan kuasa kepada orang yang dikenannya baik untuk menjadi kaya dan dapat menikmati kekayaan itu. Karena itu, serahkanlah kepada Tuhan segala pekerjaanmu dan bersyukurlah atas semua hasil yang kau dapatkan. Tanpa berkat dan anugerah Tuhan maka jerih payahmu akan sia-sia dan tiada kenikmatan didalam setiap jerih lelahmu.

Tanpa berkat dan anugerah Tuhan maka jerih payahmu akan sia-sia dan tiada kenikmatan didalam setiap jerih lelahmu.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 6:2 "orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatu pun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit. "

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 16'07'18 = Pengkhotbah 8 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT