Devotion 1013 : CIPTAAN DI HADAPAN PENCIPTA

Devotion 1013 - DR. Heintje Kobstan
CIPTAAN DI HADAPAN PENCIPTA
Bacaan: Amsal 30

Tanpa disadari seringkali kita menyombongkan diri di hadapan Tuhan. Mungkin bukan dengan perkataan atau perbuatan tetapi melalui pikiran. Pikiran kita seringkali membatasi kemahakuasaan Tuhan. Kita berpikir seolah Tuhan tidak ada atau tidak mampu mengatasi keadaan di dunia ini. Kita tidak tahu siapa Agur bin Yake, karena namanya dan nama ayahnya (Yake) tidak muncul dalam bagian Alkitab lainnya atau pun sumber-sumber di luar Alkitab. Agur mengerti jika manusia itu bodoh dan tidak berhikmat. Ia mengakui kalau dirinya bodoh (Ay.2-3). Ini menunjukkan dirinya merupakan orang berhikmat, walaupun ia mengakui tak memiliki hikmat.

Umumnya, orang bodoh selalu menganggap dirinya pintar, tetapi orang berhikmat mengerti betapa ia tidak tahu apa apa. Kesombongan bisa disebabkan faktor materi, kecerdasan atau bahkan kebaikan diri kita. Dalam hikmat, justru Agur menyatakan keberadaan Allah sebagai Pencipta dunia ini. Namun, Agur tidak berhenti sampai pada pengakuan itu saja, tetapi agar manusia mengerti bagaimana Allah menganugerahkan keselamatan kepada manusia berdosa. Menghormati Allah adalah melalui menghormati firmanNya. Manusia hanya dapat diselamatkan jika ia menaati firman Allah yang murni. Ajaran hikmat dari Agur mengajak kita untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat di hadapan Allah, pencipta dan pemilik alam semesta ini. Kita hanyalah ciptaanNya yang terbatas dan fana. Oleh karena itu, penting sekali kita mengakui bahwa sumber hikmat hanya pada Allah dan upaya menambahinya adalah sikap arogan manusia yang hanya menghancurkan diri sendiri (ay.5-6,13). Karena sikap seperti itulah yang membuat kita bisa memaklumi dua permintaan Agur agar dijauhkan dari sumber-sumber godaan untuk menyangkali Tuhan (ay.7-9). Jadi, berhentilah menyombongkan diri baik di depan manusia maupun di depan Allah.

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan apakah dengan menyombongkan diri baik di hadapan manusia atau Tuhan, manusia dapat menjadi seperti Tuhan? Kesombongan itulah yang akan menghancurkan manusia.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 30:32 "Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut!"

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 04'07'18 = Amsal 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT