Devotion 1023 : HARAPAN AKAN PERUBAHAN

Devotion 1023 - DR. Heintje Kobstan
HARAPAN AKAN PERUBAHAN
Bacaan: Pengkhotbah 9

Setiap manusia yang ada dibawah kolong langit ini bergerak maju kearah yang sama. Siapapun dia, kaya miskin, besar kecil, bangsawan rakyat jelata, akan berakhir pada satu tujuan. Pengkhotbah menyatakan bahwa inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusia pun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati. Jadi setiap manusia akan berakhir pada kematian. Namun kematian seperti apa yang akan dihadapinya? Apakah kematian yang menuju kepada kehidupan atau kematian yang membawa kepada kebinasaan?

Selama manusia itu hidup maka masih ada harapan dalam hidupnya. Harapan itu adalah untuk menunjukkan suatu perubahan yang nyata dalam kehidupan. Orang mati sudah tidak mempunyai harapan akan perubahan. Justru orang hidup yang harus memperbaiki dan menata kembali kehidupannya. Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap. Perubahan itu adalah perubahan yang menyangkut tentang hal-hal yang baik. Itu sebabnya Pengkhotbah memusatkan perhatian pada bagaimana mengisi hidup agar berarti dan meriah. Itu bisa berarti menikmati hidup, pesta, hubungan suami-isteri, kerja, memiliki pertimbangan, hikmat dan pengetahuan. Namun hal yang lebih baik adalah jika manusia itu mempunyai hikmat, yaitu hikmat yang diperoleh karena hidup dalam takut akan Tuhan. Sehingga dengan hikmat Tuhan, ia bisa menata dan mengisi kehidupan dengan hal yang berguna dan mengakhiri kehidupan dalam kematian, yaitu kematian yang menuju kepada kehidupan.

Selama masih hidup berarti manusia masih punya harapan untuk berubah menjadi lebih baik dan memiliki hidup yang berdampak bagi sesama.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 9:5 "Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 20'07'18 = Yesaya 1-3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT