Devotion 1016 : KEBAHAGIAAN SEJATI

Devotion 1016 - DR. Heintje Kobstan
KEBAHAGIAAN SEJATI
Bacaan: Pengkhotbah 2

Siapa yang tidak mengenal raja Salomo? Raja yang sangat berhikmat, kaya raya, disegani, dan tidak ada raja Israel setelahnya yang lebih besar darinya. Tetapi apa yang yang telah dicapainya pada waktu muda, yang merupakan kebanggaannya, hal itu merupakan kesia-siaan ketika ia memasuki hari tuanya. Akan tetapi, baginya menikmati hidup bukanlah terletak pada harta yang berlimpah, keberhasilan mencapai prestasi tertentu, menjadi orang terpandai di dunia melainkan berdasarkan pada anugerah yang diberikan Tuhan untuk dapat menikmati "pahit-manisnya" hidup ini (ay.24-25).

Salomo menceritakan bagaimana ia telah mencoba kesenangan, kekayaan, dan kenikmatan budaya dalam usaha menemukan kepuasan dan hidup yang menyenangkan; namun semua ini tidak menghasilkan kebahagiaan sejati -- hidup masih tidak memuaskan (ay.11). Apa yang dilakukan manusia secara umum adalah bekerja keras dan berusaha untuk menikmati hasil kerja kerasnya namun apakah ada kebahagiaan didalamnya? Karena apa yang telah dicapainya olehnya tidak akan dibawa mati. Lalu dimana letak kebahagiaan yang sejati? Apakah dari harta benda? Ataukah dengan memiliki atau bergonta ganti pasangan? Ataukah dalam pesta pora dan kemabukan? Ataukah dalam setiap penghormatan dan penghargaan karena kedudukan? Salomo telah mengalami semua itu dan ia tidak menemukan kebahagiaan. Di masa tuanya barulah ia menyadari bahwa semua yang ia miliki adalah kesia-siaan karena tidak dapat memberikan kebahagiaan sejati. Ternyata kebahagiaan sejati baru disadarinya kembali di masa tuanya adalah hanya di dalam Tuhan. Karena itu Salomo mengatakan, "Karena siapa dapat makan dan merasakan kenikmatan di luar Dia?" Bagi kita semua, sebelum terlambat sadarilah bahwa kebahagiaan sejati yang mungkin sedang kita cari itu hanya ada di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Jika engkau mencari kebahagiaan sejati pada dunia maka kesia-siaan yang akan engkau temukan karena hanya di dalam Yesus Kristus ada kebahagiaan sejati.

passionateheintje.blogspot.com
Pengkhotbah 2:25 "Karena siapa dapat makan dan merasakan kenikmatan di luar Dia?"

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 10'07'18 = Amsal 19 - 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT