Devotion 971 : BERSYUKUR DENGAN PENUH KEBERANIAN

Devotion 971- Dr. Heintje Kobstan
BERSYUKUR DENGAN PENUH KEBERANIAN
Bacaan : Mazmur 138

Dalam kesesakan atau masalah yang dihadapi, manusia dapat menggunakan akal pikirannya untuk memecahkan masalah itu tetapi biasanya tidak mampu. Karena ketidakmampuan itu, maka mereka meminta pertolongan dari sesama yang lebih kuat ataupun lebih berkuasa darinya. Tetapi juga seringkali mereka tidak dapat menolong bahkan justru banyak yang menjerumuskan manusia ke lubang yang lebih dalam. Jika sesama tidak mampu menolong maka manusia akan mencari pertolongan kepada kuasa supranatural, pergi kedukun-dukun, pembaca mantera, peramal, atau bahkan para dewa atau allah-allah.

Mazmur ini menceritakan pengalaman Pemazmur dalam menghadapi masa kesesakan. Dimana ia tidak mengandalkan kekuatannya sendiri, sesama ataupun para allah. Yang Pemazmur andalkan adalah TUHAN yang mengatasi segalanya. Sehingga karena pertolongan TUHAN kepadanya maka ia dengan berani bersyukur kepada TUHAN dihadapan para raja ataupun para allah bangsa-bangsa. Dengan itu Pemazmur menyatakan kebesaran TUHAN atas segala bangsa dan mengajak para raja bangsa-bangsa untuk menyembah TUHAN, Allah bangsa Israel. Rasa syukur itu menyingkirkan kesombongan seorang raja, karena Tuhan tidak memandang orang, semua yang datang kepada Israei dan mencari wajahNya dan kekuatanNya pastilah ditolongNya. Pemazmur memuji nama Allah karena kasih setia dan kesetiaan Allah kepada janjiNya. Pemazmur yang menyadari siapa dirinya, tentu saja sangat berterima kasih karena Allah yang "tinggi" bersedia melihat dan menolong dia yang "hina". Dengan demikian, Pemazmur menyatakan bahwa keperkasaan TUHAN berbanding lurus dengan anugerah dan kasih setiaNya. Karena itulah Pemazmur dengan berani mengucapkan syukur kepada TUHAN dihadapan para allah.

Hanya TUHAN yang sejati yang dapat menyatakan kuasa dan kemurahanNya disaat yang bersamaan kepada umatNya yang membutuhkan pertolonganNya.

#passionateheintje.blogspot.com.
Mazmur 138:1, Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 25'04'18 = 1Taw.13-15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT