Devotion 964 : HIDUP BERINTEGRITAS

Devotion 964 -  Dr. Heintje Kobstan
HIDUP BERINTEGRITAS
Bacaan : Mazmur 131

Pemazmur mengakui dihadapan Tuhan bahwa dirinya adalah pribadi yang rendah hati. Biasanya orang yang rendah hati tidak akan mengakui bahwa dirinya rendah hati atau tidak sombong. Justru orang sombong akan berkata, "Saya tidak sombong!" Apakah pemazmur sedang menyombongkan dirinya sebagai orang yang rendah hati? Mungkin bukan seperti itu, tetapi pengakuan ini adalah bentuk integritas Pemazmur dihadapan Tuhan. Hal ini juga dimaksudkan agar Tuhan dapat menguji sikap hati Pemazmur apakah benar sesuai dengan pengakuannya.

Pemazmur juga menyatakan bahwa ia tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau terlalu ajaib baginya. Mungkin pada waktu itu,  Saul dan orang-orangnya memfitnah Daud bahwa ia ingin merebut takhta Saul. Dalam keadaan seperti itu, Daud melaporkan kepada Tuhan bahwa ia tidak menginginkan takhta itu. Siapakah dia yang berani menjadi raja? Kisah hidupnya yang dimulai dari penolakan oleh keluarganya, hanya menggembalakan kambing domba yang sedikit, tidak dianggap oleh orang yang adalah tidak layak bagi takhta itu. Karena itu, dengam menyatakan isi hatinya dan pengakuan hidupnya kepada Tuhan, ia menenangkan hatinya dan mendiamkan jiwanya. Karena bagi Daud, dlberada dekat dengan Allah itu sudah membuat hidupnya lebih dari cukup. Takhta, harta dan kekuasaan tidak dapat memuaskan hidupnya. Hanya Tuhan saja sumber kepuasan dan pengharapan yang pasti baginya. Menyadari hal ini, Daud berani mempertaruhkan hidupnya dihadapan Tuhan bukan untuk menyombongkan diri tetapi karena ia tahu Tuhan mengetahui hidupnya sampai kedalaman hatinya.

Berlakulah benar dihadapan manusia terlebih dihadapan Tuhan, karena itulah yang akan menunjukkan integritas hidup kita kepada semua orang.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 131:1 "Nyanyian ziarah Daud. TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 11'04'18 = 1Raja. 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT