Devotion 918 : MENGALAMI PERKENANAN TUHAN

Devotion 918 - Dr. Heintje Kobstan
MENGALAMI PERKENANAN TUHAN
Bacaan: Mazmur 85

Pada umumnya para penafsir berpendapat bahwa mazmur ini ditulis setelah bangsa Yahudi kembali dari penawanan di Babel. Tetapi keadaan di tanah air jauh dari memuaskan sehingga umat mengeluh karena mengalami penderitaan dan kesesakan di negerinya sendiri. Sehingga, dalam penderitaan dan kesesakan, jemaat memanjatkan permohonan kepada Allah. Mereka memohon pengampunan dan perkenanan Tuhan atas kehidupan mereka.  Dan Allah telah menyatakan Ia berkenan kepada tanah mereka: “Engkau telah berkenan kepada tanah-Mu sebagai kepunyaan-Mu dengan perkenan yang khusus.”

Gambaran tentang perkenan, pemulihan, pengampunan Allah, serta berhentinya Allah dari murka-Nya menyatakan idealnya hubungan yang sempurna dengan Allah. Perhatikanlah, perkenan Allah merupakan mata air segala sesuatu yang baik dan sumber kebahagiaan, baik bagi bangsa-bangsa maupun bagi orang per orang. Karena perkenan Allah sajalah Israel mendapatkan dan terus memiliki Kanaan ( 44:4). Dan seandainya Dia senantiasa tidak berkenan kepada mereka, mereka pasti sudah dihancurkan. Akibat perkenanan Tuhan maka terjadilah keselamatan bagi umatNya. Keselamatan atau selamat dalam istilah Indonesia untuk salam atau syalom mengandung arti sangat luas. Ketenangan jiwa, keserasian sosial, kualitas hidup terhormat, kemakmuran merata, dlsb. adalah bagian yang tercakup dalam keselamatan. Hal ini dapat dialami jika kepastian akan keselamatan jiwa dalam kehidupan kekal setelah kematian diterima umat Tuhan. Keselamatan yang sesungguhnya adalah karena perkenanan TUHAN melalui Yesus Kristus, Sang Juruselamat. Dasar dari perkenanan Tuhan adalah setiap umat Tuhan telah mengalami karya korban Kristus di kayu salib. Pada jaman dahulu peristiwa itu digambarkan dengan anak domba yang dikorbankan dalam peristiwa paskah.

Karya pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib merupakan dasar dari perkenanan Tuhan atas umatNya sehingga umat Tuhan dapat mengalami kehidupan yang diselamatkan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 85:9 "Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 10'02'18 : Bilangan 07 ~ 09

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT