Devotion 921 : PROSES IMAN

Devotion 921 - Dr. Heintje Kobstan
PROSES IMAN
Bacaan: Mazmur 88

Mazmur ini merupakan mazmur tersuram daripada yang lainnya. Isinya dari awal sampai akhir merupakan rintihan akan penderitaan yang sedang dialami. Pemazmur mengalami kesedihan yang luar biasa. Ia telah berseru siang dan malam kepada Allah, tetapi tampaknya tidak dijawab. Ia patah hati dan hampir tidak ada harapan lagi yang tersisa. Perasaannya seperti sudah diambang maut. Mungkin diantara pembaca ada yang pernah mengalami atau sedang mengalami seperti yang dialami oleh Pemazmur?

Apa yang dialami Pemazmur merupakan pelajaran bagi orang percaya bahwa berjalan bersama Tuhan akan senang selamanya. Ibarat mobil yang melaju kencang di jalan tol tanpa hambatan. Menjadi orang percaya berarti harus melewati proses iman. Tanpa proses iman maka kehidupan rohani kita tidak akan bertumbuh kuat. Mazmur ini menyatakan bahwa Allah kadang-kadang mengizinkan saat-saat kesusahan dan putus asa di dalam kehidupan orang percaya. Ini adalah proses iman yang harus dilalui sehingga kepercayaan kita pada Tuhan bukan hanya dalam pikiran atau perkataan saja. “Telah Kautaruh aku dalam liang kubur yang paling bawah, sebawah-bawahnya, Kautaruh keadaanku di bawah, rohku di bawah, dalam kegelapan, dalam tempat yang dalam (ay. 7), tenggelam, dan tidak melihat terbukanya jalan keluar, terpuruk serendah-rendahnya, dan siap untuk menyerah tanpa harapan.” Dalam keadaan seperti ini ada dua kemungkinan, kalah dan terpuruk atau tetap mempunyai pengharapan yang teguh dalam Tuhan. Mereka yang tidak membangun di atas dasar iman yang kokoh akan mudah terhanyut, kalah dan terpuruk. Tetapi mereka yang tiap hari membangun kehidupan iman di atas dasar yang kokoh yaitu firman Tuhan yang akan kuat menghadapi seperti yang dialami Pemazmur. Walau kenyataan yang dialami tak seperti yang didoakan dan diharapkan tetapi Pemazmur tetap mempercayai bahwa Allah akan menyelamatkan dirinya sekalipun itu tidak terjadi dan inilah iman itu.

Masalah dan penderitaan yang dialami umat Tuhan merupakan proses iman yang harus dijalani sehingga kepercayaan pada Tuhan bukanlah hanya sekedar dalam pikiran atau perkataan saja.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 88:13  Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 15'02'18 : Bilangan 22 ~ 25

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT