Devotion 911 : BELAJAR DARI SEJARAH

Devotion 911 - Dr. Heintje Kobstan
BELAJAR DARI SEJARAH
Bacaan: Mazmur 78

Sewaktu di sekolah dulu kita mempelajari pelajaran sejarah. Mungkin bagi sebagian siswa itu adalah pelajaran yang membosankan. Tetapi bagi yang lain pelajaran ini sangat menarik karena daru situ mereka belajat tentang kehidupan, dll. Namun kali ini, Asaf menuliskan mazmur pengajaran (maschil) tentang sejarah Israel agar supaya umat Tuhan dapat belajar dari hubungan antara Tuhan dan Israel dari masa lampau. Mazmur ini mengingatkan mereka untuk belajar dari kegagalan rohani nenek-moyang mereka. Mazmur ini juga mengingatkan umat Allah di masa ini agar berusaha dengan tekun menjauhi ketidakpercayaan dan ketidaksetiaan yang sama yang telah dilakukan nenek moyang Israel.

Umat Allah dewasa ini harus memperhatikan mazmur ini dengan cermat karena banyak gereja dan denominasi telah kehilangan kehadiran dan kuasa Allah karena ketidakpercayaan dan ketidaktaatan kepada firmanNya. Mereka gagal menjadikan firman Tuhan sebagai landasan kebenaran dan berperilaku, sehingga secara tidak sadar telah tersesat dan mengikuti jalan mereka sendiri (bd. Yes 53:6). Sebab sama dengan tradisi Ulangan, pemazmur menekankan bahwa sejarah umat Israel itu ialah: Allah berbuat baik bagi umat, tetapi umatNya terus-menerus hidup mendurhaka, (ay. 8-10). Tiap kali Allah menghukum mereka, tetapi Ia juga kembali untuk mengasihani umatNya. Mazmur ini sangat bermanfaat untuk mengingat kembali apa yang telah diperbuat Allah bagi umatNya pada masa lampau, dan apa yang telah kita perbuat melawanNya. Pengajaran tentang sejarah ini dapat memperingatkan kita terhadap dosa-dosa ketidakpercayaan dan rasa tidak bersyukur, yang telah diperbuat oleh umat Israel pada zaman dulu, dan yang catatannya dipelihara sebagai pelajaran bagi kita. “Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh” (1 Kor. 10:11; Ibr. 4:11). Mazmur sejarah ini harus diteruskan dari generasi kepada generasi supaya mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti nenek moyang mereka.

Kesetiaan Tuhan atas umatNya dan umatNya pada Tuhan yang telah dicatat dalam sejarah harus menjadi pembelajaran bagi umat Tuhan dari generasi kepada generasi.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 78:6 "...supaya dikenal oleh angkatan yang kemudian, supaya anak-anak, yang akan lahir kelak, bangun dan menceritakannya kepada anak-anak mereka"

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 02'02'18 : Imamat 10 ~ 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT