Devotion 914 : MENGINGAT PERJANJIAN TUHAN

Devotion 914 - Dr. Heintje Kobstan
MENGINGAT PERJANJIAN TUHAN
Bacaan: Mazmur 81

Daud membawa suatu tradisi baru dalam ibadah di kemah suci yaitu melantunkan mazmur. Mazmur tersebut ditujukan untuk mendukung ibadah tersebut baik dalam tema umum maupun khusus. Mazmur yang dituliskan oleh Asaf ini mungkin ditujukan untuk ibadah khusus, yaitu ketetapan mengenai bulan baru secara umum, atau tentang pesta sangkakala pada bulan baru dari bulan ketujuh (Im. 23:24; Bil. 29:1). Atau juga masa yang khusus untuk perayaan tiupan sangkakala, disebutnya bulan baru dan bulan purnama barangkali memberi rujukan ganda, yaitu pada Perayaan Sangkakala dan Hari Raya Pondok Daun.

Jika kita membaca mazmur ini, maka ada dua tujuan utama dari perhimpunan ibadah yang disebutkan dalam mazmur ini, yaitu untuk memberikan kemuliaan kepada Allah dan untuk menerima pengajaran dari Allah. Mazmur ini merupakan wujud dari rasa syukur dan pengagungan pada Allah dimana Tuhan telah memberikan perjanjianNya kepada umatNya. Didalamnya ada pembelajaran bahwa Tuhan ingin agar kita mengikatkan diri pada perjanjianNya. "Dengarlah hai umat-Ku, Aku hendak memberi peringatan kepadamu; hai Israel, jika engkau mau mendengarkan Aku!  Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing." (ay. 8-9). Tetapi umatNya melalaikan perjanjian itu sehingga Tuhan perlu untuk memperbaharui perjanjianNya kembali. "Sekiranya umat-Ku mendengarkan Aku! Sekiranya Israel hidup menurut jalan yang Kutunjukkan!" (ay. 13). Sehingga pemazmur memandang perlu untuk mengingatkan umat agar berbalik kembali pada Tuhan dan mengikatkan diri pada perjanjianNya. Mengapa harus diingatkan melalui mazmur,  karena mazmur merupakan nyanyian dan ini sangat memudahkan umat untuk mengingat perjanjian itu melalui lagu. Jadi ketika kita menyanyikan mazmur atau pujian pada Tuhan, ada dua hal yang terjadi yaitu kita sedang memuji Tuhan dan juga kita sedang memperkatakan janji Tuhan supaya kita ingat selalu pada perjanjianNya.

Adalah baik bagi kita untuk menyanyikan pujian yang memuliakan nama Tuhan dan melalui pujian kita sedang memperkatakan firman Tuhan bagi diri kita dan orang lain yang mendengarkannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 81:16 "Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya."

http://www.bibleforandroid.com/v/7548535c

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 05'02'18 : Imamat 19 ~ 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT