Devotion 915 : HAKIM ATAS SELURUH BUMI

Devotion 915 - Dr. Heintje Kobstan
HAKIM ATAS SELURUH BUMI
Bacaan: Mazmur 82

Mazmur ini menampilkan suasana penghakiman terhadap ketidakadilan. Beberapa Tafsiran yang dikemukakan dalam ay. 1, (1). Ada penafsir yang menerjemahkan kata itu secara harfiah sebagai para allah dan mengaitkannya dengan konsep tentang allah-allah yang lebih rendah dalam sidang (majelis) di surga. (2). Penafsir lain menerjemahkan kata itu sebagai para malaikat dan mengaitkannya dengan konsep yang kurang politeistis. (3) Dan masih ada penafsir-penafsir lain menerjemahkannya sebagai hakim-hakim sehingga merujuk kepada penguasa-penguasa yang tidak adil.

Konsep yang benar adalah merujuk kepada pribadi Allah itu sendiri. Allah berdiri ... Ia menghakimi. Suasana tersebut menampilkan pemandangan mengenai sidang di mana Allah duduk sebagai pimpinannya. Ini bisa diidentifikasi sebagai bangsa Israel (bdg. Neh. 13:1, di mana kita menemukan frasa sinonim, qehal ha'elohîm). Jadi, Allah berdiri menjadi hakim bagi bangsaNya dan menghakimi para hakim manusia yang ditetapkan sebagai hakim atas Israel. Jadi, maksud Pemazmur menuliskan mazmur ini adalah untuk membuat bijaksana para raja dan “untuk memberi pengajaran kepada para hakim dunia” (seperti di dalam Mazmur 2 dan 10), untuk memberitahukan mereka akan kewajiban mereka (2 Sam. 23:3), serta untuk menunjukkan kesalahan mereka (Mzm. 58:2). Karena ketika keadilan dinodai, kebaikan apa lagi yang bisa diharapkan? Bumi hancur dan semua penduduknya, seperti yang dikatakan sang pemazmur dalam kejadian serupa ( 75:4). Kegagalan dalam pelaksanaan keadilan oleh para tokoh masyarakat merupakan celaka bagi masyarakat. Karena itu perkatakanlah mazmur ini dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan menyatakan keadilan kepada mereka yang menjadi korban ketidakadilan. Inilah pengharapan dan doa umatNya, Allah bangkit menjadi hakim yang adil atas seluruh bumi.

Bumi akan hancur ketika keadilan dinodai dan jika ketidakadilan ditegakkan maka kesengsaraan akan menimpa kehidupan umat manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 82:8 "Bangunlah ya Allah, hakimilah bumi, sebab Engkaulah yang memiliki segala bangsa."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 07'02'18 : Imamat 25 ~ 27

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT