Devotion 913 - GEMBALA UMATNYA

Devotion 913 - Dr. Heintje Kobstan
GEMBALA UMATNYA
Bacaan: Mazmur 80

Mazmur ratapan ini dituliskan berkaitan dengan direbutnya kerajaan utara oleh orang Asyur (ay. 3), maupun dengan dimusnahkannya Yerusalem oleh tentara Babel pada th 586 SM. Sehingga dapat dikatakan bahwa mazmur ini melukiskan suatu umat yang telah runtuh perlindungan ilahinya sehingga terbuka untuk diserang dari luar (ay. 13-14). Israel sungguh tertekan dan tak berdaya dalam menghadapi tindakan musuh. Israel membutuhkan Gembala Agung yang dapat menyelamatkan dan mengembalikan kejayaan hidup mereka.

Mazmur ini menunjukkan betapa Israel sangat menantikan keselamatan dari Tuhan. Dengan kerendahan hati yang sangat, pemazmur berkali-kali memohon syafaat kepada Allah agar menunjukkan kembali perkenanNya dan membuat wajahNya bersinar atas kaum sisa yang berseru kepada namaNya. "Buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat" (ay. 19). Pemazmur mengajak Israel untuk melihat bahwa walaupun Israel memakan roti cucuran air mata dan meminum air mata yang berlimpah-limpah (ayat 6), namun mereka tetaplah memiliki Allah yang sama yang tak berubah. Sekalipun mereka telah menjadi bahan olokan dan sasaran kejahatan (ay. 7,13b,14), namun Allah tetaplah berperan sebagai Gembala Israel. Walaupun mungkin saat ini kita merasa Tuhan berdiam diri terhadap doa kita dan mengizinkan penderitaan menimpa kita, tetapi Dia tetap Gembala umatNya selamanya. Dia adalah Yesus Kristua adalah Raja kemuliaan yang menyinarkan cahaya kemuliaan kepada umatNya. Dan TUHAN tetap Pengusaha kebun anggur yang peduli akan milikNya.

Gembala yang baik tak akan pernah meninggalkan kawanan dombaNya dan dengan berani Ia akan mengorbankan nyawaNya demi domba gembalaanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 80:19 "Ya TUHAN, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 04'02'18 : Imamat 16 ~ 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT