Devotion 912 : JIKA TUHAN YANG MENGHUKUM

Devotion 912 - Dr. Heintje Kobstan
JIKA TUHAN YANG MENGHUKUM
Bacaan: Mazmur 79

Berbagai mazmur yang dituliskan merupakan ungkapan-ungkapan yang terjadi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk peristiwa-peristiwa khusus. Baik menggambarkan kehidupan pribadi si Pemazmur ataupun umat Tuhan. Isinya pun beragam, ada mazmur sukacita, bahagia, penderitaan, kesesakan, kemarahan, tertekan, kerinduan, dan hal-hal yang menggambarkan kehidupan sehari-hari. Jadi segala perkara yang dialami oleh Pemazmur ataupun umat Tuhan dapat diungkapkan dalam mazmur sebagai permohonan, doa, syafaat, ucapan syukur, dll. Mazmur yang ditulis oleh Asaf ini, merupakan ungkapan ratapan karena kota Yerusalem direbut dan bait Allah dihancurkan oleh orang-orang Kasdim di bawah raja Nebukadnezar (586sm).

Di sini pemazmur menaikkan syafaat kepada Allah untuk mengampuni kemurtadan orang Israel (ay. 8-9) dan menghukum bangsa yang telah merusakkan Yerusalem dan Bait Allah. Pemazmur mengakui bahwa bangsa-bangsa kafir itu menjadi alat murka Allah (ay. 5), namun apa yang telah mereka lakukan terhadap Israel dilaksanakan karena benci kepada Allah dan umat pilihanNya (ay. 1-7; bd. Yes 10:5-11; Yes 47:6-7). Di balik penderitaan berat itu, pemazmur melihat tangan Tuhan yang sedang menghukum umatNya sendiri. Ia berbuat demikian karena benci dosa tetapi cinta umatNya. Karena itu, jika Tuhan sendiri menghajar umatNya patutlah umatNya bersyukur. Bukan karena benci Ia menghajar umatNya tetapi karena kasih. Ia ingin agar umatNya sadar akan keberdosaan mereka dan segera berbalik dari jalan-jalan mereka yang sesat. Tuhan bisa pakai siapa saja atau apa saja untuk menghajar umatNya. Bagi mereka yang dipakai Tuhan untuk menghajar umatNya, mungkin merasa bangga karena bisa menyalurkan kebencian mereka. Tetapi Tuhan pun akan membalas perbuatan mereka karena pertobatan umatNya. Sebab itu jika kita sadar bahwa penderitaan yang dialami karena kesalahan kita, jangan salahkan orang lain atau keadaan tetapi segeralah bertobat dan mohon pengampunan dosa. Ia akan bersegera memulihkan keadaan umatNya dan menghukum para musuh-musuhNya.

Ketika penderitaan datang, jangan menyalahkan orang lain ataupun situasi tetapi koreksi diri mungkin itu terjadi karena dosa dan kesalahan diri sendiri dan segeralah minta pengampunan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 79:9 "Tolonglah kami, ya Allah penyelamat kami, demi kemuliaan nama-Mu! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami oleh karena nama-Mu!"

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 03'02'18 : Imamat 13 ~ 15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT