Devotion 919 : SIAPA TUHAN BAGIMU

Devotion 919 - Dr. Heintje Kobstan
SIAPA TUHAN BAGIMU
Bacaan: Mazmur 86

Penafsir mazmur ini mengomentari bahwa mazmur ini, "tidak termasuk karya puisi yang besar" karena mazmur ini merupakan bunga rampai yang kanan kiri mengutip ayat-ayat dari mazmur-mazmur lain. Penafsir lain menambahkan bahwa mazmur ini banyak mengutip Taurat! Dengan kata lain, mazmur ini kurang orisinal. Kemungkinan mazmur ini ditulis pada zaman Yunani. Jika ditinjau dari segi sastera tidak ada banyak kesatuan dalam syair ini. Namun keindahan dan kedalaman mazmur ini justru terletak dari kesatuan yang dapat diamati sejak permulaan sampai akhir, yaitu permohonan demi permohonan mengalir tak henti kepada Tuhan (Mzm 86:1-4, 6, 11, 16, 17).

Mazmur ini diberi judul Doa Daud, Ini bukan seolah-olah Daud menyanyikan semua doanya, tetapi ke dalam sebagian nyanyiannya ia menyelipkan doa-doa. Apakah Daud yang menuliskan mazmur ini ataupun penulis lain yang mengutip beberapa mazmur Daud lalu merangkaikannya menjadi satu kesatuan. Hal ini tidak masalah karena lewat mazmur ini dapat menjadi contoh doa permohonan pertolongan Tuhan atas kesengsaraan dan kemiskinan yang menimpa Pemazmur. Kesengsaraan ini diakibatkan oleh para musuh yang mengepung ingin mencabut nyawanya (ay. 14). Kemiskinan disini berbicara secara rohani, yaitu miskin dihadapan Allah sebab Pemazmur tidak mempunyai apa-apa yang patut dibanggakan. Tuhan adalah sumber yang dapat memenuhi kebutuhan baik secara rohani maupun jasmani. Tuhan juga adalah Penolong bagi mereka yang sengsara dan miskin. Hal ini bisa dinyatakan Pemazmur karena pengenalannya kepada Allah yang hidup. Dari ungkapannya tergambar bagaimana Pemazmur memiliki kedekatan dengan Allah. Doa Pemazmur bukan hanya curahan hati atas kesesakan yang ia alami, tetapi juga berisi pengakuan tentang siapa Tuhan baginya. Pengenalan kita akan Tuhan kita tentu tergantung dari seberapa dekat kita berhubungan denganNya. Hubungan itu bisa didapatkan ketika kita membaca Alkitab dan berdoa dengan tekun dan sungguh-sungguh.  Hal ini akan menolong kita mengerti karakter, isi hati, kemahakuasaanNya, semangat dan kuasaNya untuk kita semakin sanggup menjalani kehidupan iman kita dengan bersandar penuh kepadaNya.

Siapa Tuhan bagimu dapat dilihat dari kedekatan hubunganmu dengan Tuhan. Bukan tentang Tuhan dalam pemikiranmu saja tetapi juga dari pengalamanmu berjalan bersama Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 86:13 "... sebab kasih setia-Mu besar atas aku, dan Engkau telah melepaskan nyawaku dari dunia orang mati yang paling bawah."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 12'02'18 : Bilangan 13 ~ 15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT