Devotion 1141 : KEBAIKAN ATAU KECELAKAAN?

Devotion 1141 - Dr. Heintje Kobstan
KEBAIKAN ATAU KECELAKAAN?
Bacaan: Yeremia 41

Akhirnya Yehuda ditaklukkan oleh Babel dan menjadi aalah satu daerah jajahannya. Yehuda menjadi propinsi dan Gedalya bin Ahikam bin Safan menjadi gubernurnya. Pada masa pemerintahannya, Gedalya menghimbau seluruh rakyat yang tinggal untuk takluk kepada raja Babel supaya keadaan mereka baik. Ia juga menyuruh mereka untuk mengumpulkan hasil anggur, buah-buahan dan minyak sebagai persediaan mereka. Gedalya yang ditunjuk oleh Babel untuk memimpin Yerusalem juga seorang pemimpin yang baik, yang peduli akan kesejahteraan rakyatnya.

Tetapi pemerintahan Gedalya tidak berlangsung lama. Ia dibunuh oleh Ismael bin Netanya bin Elisama, seorang keturunan raja dan perwira tinggi raja beserta 10 orang pengikutnya. Tidak diketahui secara pasti motif dari pembunuhan sadis ini. Apakah Ismael hanya mau membalas dendam terhadap perlakuan Nebudkadnezar kepada Zedekia, atau dia mau menjadi raja, atau tidak menyukai Gedalya yang dianggapnya sebagai kaki tangan Babel. Ismael juga membunuh hampir semua peziarah yang mau mengunjungi Gedalya. Seharusnya peristiwa ini tidak terjadi jika Gedalya mau mendengar peringatan Yohanan atas rencana Ismael. Ketika didengar oleh Yohanan bin Kareah kejahatan yang dilakukan Ismael maka ia dan semua perwira dan anak buah pergi mengejar Ismael dan membebaskan semua tawanan. Karena keputusan yang salah dari Ismael yang merupakan sikap pemberontakan terhadap Babel maka rombongan Yohanan ingin menyingkir ke Mesir demi menghindari pasukan Babel. Keputusan Ismael yang mungkin dipengaruhi motif pribadi akhirnya bukan membawa kebaikan tetapi justru mencelakakan orang Yehuda yang masih tinggal.
Apa yang kita pelajari hari ini, Gedalya yang adalah orang baik bisa disalahmengerti dan akhirnya tersingkir oleh karena kejahatan orang lain. Bukan hanya itu saja karena ada hal penting yang menjadi awasan bagi kita yaitu pertimbangkanlah secara bijaksana setiap keputusan yang akan kita ambil agar supaya dapat membawa kebaikan bukan kecelakaan.

Pertimbangkanlah secara bijaksana setiap keputusan yang akan kita ambil agar supaya dapat membawa kebaikan bukan kecelakaan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 41:18 "...untuk mengelakkan orang-orang Kasdim, yang ditakuti mereka, oleh karena Ismael bin Netanya telah memukul mati Gedalya bin Ahikam yang telah diangkat raja Babel atas negeri itu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 27'01'19: Keluaran 31 - 33
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT