Devotion 1128 : STOP KEPALSUAN

Devotion 1128 - Dr. Heintje Kobstan
STOP KEPALSUAN
Bacaan: Yeremia 28

Ketegangan terus terjadi antara Yeremia dan para nabi. Hananya mewakili para nabi bernubuat bahwa TUHAN telah mematahkan kuk raja Nebukadnesar. Dalam 2 tahun terjadi pemulihan di Yehuda dan TUHAN akan mengembalikan kembali semua perkakas bait Suci yang dibawa ke Babel. Walau saat itu seolah-olah nubuatan Yeremia salah tetapi ia tidak bereaksi berlebihan. Malah Yeremia mengaminkan nubuatan Hananya dan berkata semoga TUHAN melakukan seperti nubuatan tersebut. Jika banyak nabi telah bernubuat tentang malapetaka, perang dan sakit sampar dan ketika ada seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera dan kemudian digenapi maka barulah ketahuan bahwa nabi itu benar-benar diutus TUHAN.

Banyak orang mengejar hamba-hamba TUHAN untuk minta dinubuatkan dan juga banyak hamba-hamba TUHAN berusaha untuk bernubuat supaya ia terkenal padahal belum tentu nubuatan itu datangnya dari TUHAN. Kebenaran suatu nubuat diuji atau dibuktikan oleh penggenapannya (Ul. 18:22). Ingat, seorang nabi yang bernubuat hanyalah seorang hamba, pesuruh TUHAN untuk menyampaikan rencana dan kehendakNya kepada umatNya. Jadi jangan mengultuskan atau menaruh harapan padanya tetapi hanya pada TUHAN saja. Apa yang terjadi dengan Hananya? Karena Hananya telah mengajak rakyat untuk percaya pada dusta dan telah mengajak mereka murtad dari TUHAN maka dalam tahun itu juga ia akan mati. Dan benarlah ia mati di bulan ketujuh dalam tahun itu. Seringkali kita mendengar banyak hamba TUHAN berkata, TUHAN berbicara kepada saya atau saya mendengar suara TUHAN dan berbagai hal mengatasnamakan TUHAN, jemaat haruslah menguji itu semua. Jemaat harus bertumbuh dewasa dalam kebenaran firman TUHAN agar tidak mudah terpengaruh nubuatan palsu. Dan bagi hamba-hamba TUHAN janganlah seperti Hananya, TUHAN tidak berfirman padanya tetapi mengatasnamakan TUHAN telah berfirman melaluinya. Baiklah mulai sekarang ini berhentilah menggunakan nama Tuhan untuk menutupi ambisi kita. Jangan sampai Tuhan menghukum kita seperti Hananya.

Sampaikanlah firman kebenaran atas nama TUHAN jika itu adalah kehendak Tuhan bukan atas motivasi atau ambisi pribadi.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 28:15 "Lalu berkatalah nabi Yeremia kepada nabi Hananya: "Dengarkanlah, hai Hananya! TUHAN tidak mengutus engkau, tetapi engkau telah membuat bangsa ini percaya kepada dusta."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 03'01'19: Kejadian 7 - 9
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT