Devotion 1138 : MAJU TERUS TANPA GENTAR

Devotion 1138 - Dr. Heintje Kobstan
MAJU TERUS TANPA GENTAR
Bacaan: Yeremia 38

Gus Dur pernah mengatakan, "Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan". Bagi Yeremia, ia tidak hanya sekedar melakukan perubahan tetapi ia ingin menyelamatkan Yehuda dari kebinasaan. Walau kenyataannya ia dimusuhi bahkan ditawan dan hampir dibunuh demi menyuarakan keselamatan bagi bangsanya. Ia dianggap pembelot, yang bersekutu dengan musuh bangsa yaitu orang Kasdim dibawah pemerintahan raja Nebukadnesar. Tetapi ia tetap menyuarakan suara kebenaran yaitu berita keselamatan bagi bangsanya karena keyakinannya yang teguh kepada TUHAN.

Pasal ini mengungkapkan akibat dari berita nubuatan yang terus disampaikan kepada seluruh penduduk tanpa henti walau ia sedang ditawan. Beritanya adalah siapa yang tinggal di kota akan mati karena pedang, penyakit dan kelaparan, tetapi mereka yang menyerahkan diri kepada orang Kasdim akan tetap hidup walau dibawa ke pembuangan sebab kota ini akan ditaklukkan oleh Nebudkadnezar. Bukankah ini suatu berita keselamatan? Karena orang lebih menghargai nyawanya dibanding apapun. Tetapi bagi para pemuka, berita ini adalah suatu rongrongan bagi pemerintahan, hal yang tidak nasionalis, tindakan makar, pengkhianat bangsa dan harus dibunuh! Berapa banyak mereka yang memberitakan firman TUHAN yang murni tanpa tendeng aling-aling, dianggap sebagai penyesat, tidak rohani, tidak mengerti kehidupan umat, bertentangan dengan doktrin dan dogmatika gereja dan harus disingkirkan? Padahal yang mereka suarakan adalah kebenaran TUHAN tanpa unsur motivasi pribadi atau menyenangkan telinga kebanyakan orang. Seperti kata Gus Dur, "Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan".  Kebenaran TUHAN harus tetap diberitakan, maju terus tanpa gentar sebab umat TUHAN harus mengetahui kebenaran TUHAN sehingga kebenaran itu yang akan membebaskan mereka.

Suarakan kebenaran TUHAN tanpa unsur motivasi pribadi atau hanya untuk menyenangkan telinga kebanyakan orang.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 38:1 "Tetapi Sefaca bin Matan, Gedalya bin Pasyhur, Yukhal bin Selemya dan Pasyhur bin Malkia mendengar perkataan yang tidak henti-henti diucapkan oleh Yeremia kepada segenap orang banyak itu:.."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 23'01'19: Keluaran 19 - 21
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT