Devotion 1140 : ZONA NYAMAN

Devotion 1140 - Dr. Heintje Kobstan
ZONA NYAMAN
Bacaan: Yeremia 40

Ucapan yang keluar dari mulut Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal bangsa Kasdim ketika ia menyelamatkan Yeremia adalah nubuatan yang juga disampaikan oleh Yeremia. Ia berkata, "TUHAN, Allahmu, telah mengancamkan malapetaka ini atas tempat ini, dan Ia telah melaksanakannya. TUHAN telah melakukan apa yang diancamkan-Nya, oleh karena kamu telah berdosa kepada TUHAN dan tidak mendengarkan suara-Nya, sehingga terjadilah hal ini kepada kamu..." Kemampuan Nebuzaradan untuk memahami ucapan nubuat itu membuktikan bahwa firman Allah adalah universal. Karena itu wajar jika seorang dari bangsa kafir dapat melihat apa yang Allah sedang lakukan dalam kehidupan bangsa Yehuda. Namun mengapa para pemimpin Yehuda tidak dapat?

Apa yang dikatakan oleh Nebuzaradan mengandung makna, yaitu 1. jika TUHAN sudah merancangkan sesuatu, pastilah Ia akan menggenapinya. 2. Jika kita menaati firman TUHAN maka hal yang baik akan kita alami. 3. TUHAN juga dapat memakai orang yang tidak percaya untuk melakukan rencanaNya. Namun terlepas dari itu semua, ternyata Yeremia menolak untuk mengikuti Nebuzaradan ke Babel. Ia memilih untuk tinggal bersama orang-orang Israel yang tidak dibawa kepembuangan. Mereka adalah orang-orang lemah, miskin yang tidak punya apa-apa, dan yang sakit. Nehemia memilih untuk tetap berada di tengah-tengah mereka dan melayani mereka. Seandainya ia mengikuti Nebuzaradan maka ia akan memperoleh kehidupan yang nyaman. Keputusan Yeremia ini hendaknya menjadi pembelajaran bagi setiap hamba-hamba TUHAN. Seringkali tanpa sadar, kita tengah berada di zona nyaman pelayanan. Zona nyaman akan membuai kita sehingga melupakan esensi pelayanan itu sendiri. Karena itu jangan biarkan dirimu terjebak dalam zona nyaman namun teruslah berusaha untuk mencari kehendak TUHAN dan menggenapinya dalam pelayananmu.

Zona nyaman dalam pelayanan akan membuai dan menjebak kita sehingga tanpa sadar kita pun melupakan esensi pelayanan itu sendiri.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 40:6 "Jadi pergilah Yeremia kepada Gedalya bin Ahikam di Mizpa, dan diam bersama-sama dengan dia di tengah-tengah rakyat yang masih tinggal di negeri itu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 25'01'19: Keluaran 25 - 27
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT