Devotion 1139 : YANG RAGU YANG PERCAYA

Devotion 1139 - Dr. Heintje Kobstan
YANG RAGU YANG PERCAYA
Bacaan: Yeremia 39

Penyesalan selalu datang belakangan dan itu tidak akan berguna. Seperti kata pepatah "sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tiada gunanya." Artinya setiap tindakan atau perbuatan itu hendaknya dipikirkan dahulu baik-baik sebelum dikerjakan agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari. Apa yang terjadi di pasal ini menggambarkan pepatah tersebut. Setiap nubuatan yang beritakan oleh Yeremia baik kepada raja Zedekia, para pemuka dan kepada seluruh rakyat akhirnya menjadi kenyataan. Yerusalem hancur pada tahun kesembilan pemerintahan Zedekia, setelah dikepung oleh bangsa Kasdim selama 18 bulan. Dan karena Zedekia tidak mempercayai nubuatan itu maka ia berakhir tragis di tangan raja Nebudkadnezar. Mungkin dalam hatinya seandainya saya menaati perkataan Yeremia maka saya tidak akan berakhir seperti ini.

Zedekia telah memilih untuk tidak mempercayai setiap nubuatan Yeremia dan lebih mempercayai perkataan nabi-nabi palsu. Karena ia meremehkan firman TUHAN maka ia pun harus menanggung akibatnya. Anak-anaknya dan semua pembesar disembelih didepan matanya, kedua matanya dibutakan, ia pun dibelenggu dan ditawan ke Babel. Setelah itu tidak diketahui lagi nasibnya. Bagi Yeremia, inilah pembuktian bahwa setiap nubuatan yang diberitakan olehnya adalah dari TUHAN. Seseorang akan dikatakan sebagai nabi TUHAN jika setiap nubuatannya telah teruji melalui tergenapinya nubuatan-nubuatan tersebut. Ketika penaklukkan terjadi, maka Nebudkadnezar memerintahkan agar supaya Yeremia dilindungi dan itu dilakukan oleh Nebuzaradan beserta pasukannya. Yeremia diserahkan kepada Gedalya bin Ahikam bin Safan. Yeremia menjadi orang bebas dan tinggal di tengah-tengah penduduk. Ada satu pribadi yang dicatat Alkitab yang sungguh mempercayai firman TUHAN, yaitu Ebed Melekh orang Etiopia. TUHAN menyuruh Yeremia untuk pergi kepada Ebed Melekh untuk menyatakan janji perlindungan TUHAN atas hidupnya. Dari pasal ini kita bisa melihat perbedaan antara mereka yang sungguh-sungguh berpegang pada firman Tuhan dan yang mengabaikanNya.

Jangan pernah meragukan firman Tuhan supaya hidupmu terpelihara karenaNya.

#passionateheintje.blogspot. com
Yeremia 39:18 (TB)  tetapi dengan pasti Aku akan meluputkan engkau: engkau tidak akan rebah oleh pedang; nyawamu akan menjadi jarahan bagimu, sebab engkau percaya kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 24'01'19: Keluaran 22 - 24
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT