Devotion 1136 : MENGHORMATI FIRMAN TUHAN

Devotion 1136 - Dr. Heintje Kobstan
MENGHORMATI FIRMAN TUHAN
Bacaan: Yeremia 36

Dalam tahun keempat pemerintahan Yoyakim, TUHAN menyuruh Yeremia untuk menuliskan nubuatan itu kedalam kitab gulungan (mungkin terbuat dari papirus yang diimpor dari Mesir). Jadi, Yeremia mendiktekan nubuatan-nubuatan itu, dan Barukh bin Neria kemudian menuliskannya. Pasal ini penting sekali karena merupakan satu-satunya keterangan terperinci dari Perjanjian Lama mengenai penulisan sebuah kitab nabi. Bahwa Yeremia mendiktekan kepada juru tulisnya, adalah lazim pada zaman itu. Menulis adalah kecakapan khusus, sering terbatas pada kelompok profesional. Kebanyakan kaum terpelajar dapat membaca tetapi meremehkan pekerjaan menulis.

Peristiwa ini terjadi pada tahun keempat pemerintahan Raja Yoyakim (605 SM), tidak lama setelah Nebukadnezar mengalahkan Mesir di Karkhemish. Ini menunjukkan bahwa penguasaan wilayah Timur Tengah sudah mulai beralih dari tangan Mesir ke Babel. Jatuhnya Yehuda ke tangan Babel hanya tinggal menunggu waktu, karena. Ketika masa puasa, Yeremia mengutus Barukh untuk pergi membaca berita nubuatan itu di rumah TUHAN dihadapan jemaat. Kemudian ia membacakan juga berita nubuatan tersebut di depan para pejabat kerajaan. Maka terjadilah kegemparan di antara pejabat kerajaan karena berita nubuatan itu. Berita itu membuat mereka sadar dan membangkitkan keinginan untuk bertobat. Namun mereka takut kepada Yoyakim sehingga menyuruh Barukh menyembunyikan gulungan kitab tersebut. Tetapi berita itu sampai kepada Yoyakim, maka Yoyakim menyuruh untuk membacakan berita nubuatan itu dihadapannya. Alih-alih mau bertobat, setiap kali berita itu dibacakan tiga empat lajur, Yoyakim mengambil pisau raut lalu menyobeknya dan melemparkannya ke dalam api. Yoyakim sungguh tidak menghormati firman TUHAN, maka TUHAN pun menyatakan berita penghukuman baginya. Ini adalah pelajaran bagi kita semua bahwa kepada mereka yang tidak menghormati firman TUHAN akan menanggung akibatnya. Tetapi kepada siapa yang taat dan menghormati firman maka ia akan mendapat balasannya.

Mereka yang tidak menghargai firman TUHAN akan menanggung akibatnya, tetapi mereka yang taat dan menghormati firman TUHAN akan mendapatkan balasannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 36:30 "Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 21'01'19: Keluaran 13 - 15
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT