Devotion 1127 : MULAI DARI DASAR

Devotion 1127 - Dr. Heintje Kobstan
MULAI DARI DASAR
Bacaan: Yeremia 27

Kebanggaan orang-orang yang terdegradasi rohaninya adalah bangunan Gereja dengan segala aktifitas keagamaan didalamnya. Apakah umat TUHAN tidak perlu lagi melakukan aktifitas keagamaan dalam Gedung Gereja? Oh harus dan sangat perlu, tetapi yang harus diperhatikan bukan banyaknya aktifitas namun apakah kehidupan TUHAN nyata alam hubungan antar umat dan umat dengan diriNya? Aktifitas keagamaan tanpa adanya kehidupan TUHAN yang dinyatakan didalamnya akan membuat keletihan dan kejenuhan rohani yang berakibat kemalasan beribadah. Pada zaman pemerintahan Zedekia, para imam dan nabi hanya melakukan aktifitas keagamaan tanpa adanya kehidupan dalam hubungan dengan TUHAN itu sendiri.

Pada waktu itu, semua kegiatan keagamaan berjalan secara rutinitas tanpa adanya firman kebenaran yang dinyatakan. Bahkan para nabi mengelabui umat dengan nubuatan atau firman palsu, sesuai dengan keinginan pendengarnya. Sehingga ketika firman nubuatan datang kepada Yeremia, yaitu tentang kuk Babel yang akan dipakaikan kepada bangsa-bangsa termasuk Yehuda, para nabi terkejut dan menolak. Bagaimana mungkin ada nubuatan yang isinya adalah penyerahan diri kepada musuh. Jika bangsa-bangsa tunduk dan memakai kuk raja Nebukadnesar maka mereka akan hidup dan tidak mati. Seharusnya nubuatan itu berisi pengharapan dan janji berkat bukan hukuman. Hal inilah yang disalah mengerti umat bahwa TUHAN itu hanya memberkati tidak menghukum padahal bagi TUHAN kebenaran dan keadilan harus ditegakkan. Karena itu Yeremia menyuruh raja, para imam dan seluruh rakyat untuk tidak mendengarkan nubuatan palsu para nabi. Sebab jika seandainya ada firman yang ditaruhkan TUHAN dalam hidup mereka, sudah seharusnya mereka yang mempertahankan Yehuda dihadapan TUHAN agar penghukuman jangan dijatuhkan dan emas beserta perkakas bait Allah tidak diangkut ke Babel. Untuk masa kini, bagaimana agar kita mengetahui bahwa firman yang disampaikan itu adalah firman yang benar? Caranya adalah baca dan kenali firman TUHAN yang tertulis yaitu Alkitab. Karena itu, mulai saat ini bangun dirimu diatas dasar kebenaran firman TUHAN yang paling dasar yaitu membaca firman TUHAN secara rutin dan bukan hanya sibuk mengerjakan aktifitas keagamaan di bait suci.

Janganlah membangun kehidupan rohanimu diatas dasar aktifitas keagamaan saja tetapi bangunlah kehidupan rohanimu hari demi hari diatas dasar yang teguh yaitu firman Allah.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 27:16 "Juga kepada imam-imam dan kepada seluruh rakyat itu aku berbicara, kataku: "Beginilah firman TUHAN: Janganlah dengarkan perkataan nabi-nabimu yang bernubuat kepadamu: Sesungguhnya, perkakas-perkakas rumah TUHAN tidak berapa lama lagi akan dibawa kembali dari Babel! Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 01'01'19: Kejadian 1 - 3
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT