Devotion 1135 : KOMITMEN KESETIAAN

Devotion 1135 - Dr. Heintje Kobstan
KOMITMEN KESETIAAN
Bacaan: Yeremia 35

Yeremia di pasal ini mengungkapkan kisah hidup Kaum Rekhab. Kaum Rekhab tidak termasuk suku-suku Israel. 1 Taw. 2:55 menjelaskan bahwa kaum Rekhab itu keturunan dari suku Keni, yaitu suku dari mertua Musa (Hak. 1:1). Yonadab bin Rekhab adalah bapak leluhur Kaum ini. Ia adalah penyokong raja Yehu yang dipakai Tuhan untuk menghukum Ahab dan keturunannya dari dinasti kerajaan Israel Utara. Kaum ini bukan bangsawan, mereka hidup semi nomaden, berpindah-pindah tempat sesuai kebutuhan hidup mereka dalam beternak. Yonadab memerintah mereka untuk tidak minum anggur, tidak mempunyai kebun anggur atau ladang atau benih, tidak membangun rumah tapi berdiam di kemah. 

TUHAN menyuruh Yeremia untuk mengundang Kaum Rekhab ke rumah TUHAN, ke dalam satu kamar dan beri mereka minum anggur. Ketika Yeremia melakukan perintah TUHAN, Kaum Rekhab menolak untuk minum anggur dan menyatakan komitmen kesetiaan mereka terhadap perintah Yonadab, bapak leluhur mereka. Komitmen kesetiaan Kaum Rekhab diuji oleh TUHAN melalui Yeremia. Namun dibalik itu semua, TUHAN sedang memperlihatkan kepada raja Zedekia bahwa Kaum Rekhab ini hidup menaati perintah bapak leluhurnya, yang adalah manusia biasa. Zedekia dan juga pemimpin-pemimpin umat ternyata tidak setia dalam menaati Taurat Tuhan. Mana yang lebih tinggi, menaati firman TUHAN atau perintah manusia? Sudah pasti adalah firman TUHAN yang harus ditaati. Tetapi ternyata banyak umat Tuhan mengabaikan Tuhan, Pemimpin hidup mereka. Mereka terlalu sering melanggar firman Tuhan, tidak setia pada Tuhan dengan bermain-main dalam dosa. Kaum Rekhab mendapat kehormatan dari TUHAN, bahwa mereka akan terus menerus mendapat kehormatan menjadi pelayan Tuhan (ay.18-19), tetapi umat Israel akan menerima ganjaran berupa hukuman Tuhan, yaitu penawanan di Babel. Belajarlah dari Kaum Rekhab mengenai komitmen kesetiaan mereka kepada Yonadab yang adalah manusia biasa. Pembelajaran ini supaya kita bisa hidup dalam komitmen kesetiaan secara terus menerus kepada Yesus Kristus TUHAN, firman Allah yang menjadi manusia.

Menepati komitmen kesetiaan kita kepada TUHAN terus menerus akan membawa kenikmatan hidup dan kehidupan yang kekal.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 35:16 "Sungguh, keturunan Yonadab bin Rekhab menepati perintah yang diberikan bapa leluhurnya kepada mereka, tetapi bangsa ini tidak mau mendengarkan Aku!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 18'01'19: Keluaran 4 - 6
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT