Devotion 1129 : HOAX ROHANI

Devotion 1129 - Dr. Heintje Kobstan
HOAX ROHANI
Bacaan: Yeremia 29

Untuk mengatasi segala nubuatan palsu dari para nabi, maka Yeremia mengirimkan surat kepada mereka yang berada dalam pembuangan. Surat itu menyatakan tentang apa yang harus dilakukan mereka dalam pembuangan, yaitu: menyuruh mereka membangun rumah, berkebun, menikah, mengusahakan kesejahteraan dan berdoa untuk kota itu. Namun hal yang terpenting dari isi surat itu adalah waspada terhadap nubuat palsu yang mengatasnamakan TUHAN yang disampaikan oleh para nabi di pembuangan dan juga para juru tenung yang menyampaikan mimpi-mimpi mereka.

Mengapa surat itu penting? Agar mereka yang ada dipembuangan mengetahui kehendakNya dan tidak dibelokkan oleh nubuatan palsu para nabi. Sebab rancangan TUHAN itu melebihi rancangan manusia, bukan rancangan kecelakaan tetapi masa depan yang cerah. Orang Israel harus menjalani hukuman karena itulah proses untuk sampai pada masa depan yang cerah. Dan penghukuman yang lebih berat seperti penglihatan keranjang yang buah ara yang busuk akan menimpa mereka yang tidak ikut dalam pembuangan. Tantangan bagi orang Israel adalah apakah mereka mau mempercayai surat yang dikirimi Yeremia atau nubuatan palsu para nabi atau diistilahkan sebagai hoax rohani? Bahwa rencana TUHAN itu pasti akan tergenapi karena itu celakalah mereka yang tidak mengindahkannya. Gereja TUHAN harus seperti Yeremia yang memberikan surat, bisa disebut surat penggembalaan ataupun surat kenabian kepada mereka yang berada dipembuangan. Surat itu bertujuan mengarahkan, menuntun, melindungi umat TUHAN dari hoax rohani. Karena hari-hari ini banyak bermunculan hoax rohani yang mengatasnamakan TUHAN dan tugas Gereja agar jangan membiarkan umat TUHAN tersesat dengan hoax rohani dan berujung para kebinasaan. Juga peringatan kepada Gereja agar jangan menyebarkan hoax rohani untuk kepentingan Gereja (persaingan pengajaran, perebutan jiwa-jiwa, dsb).

Gereja harus mengajari umat Tuhan untuk hidup dalam kebenaran demi melindungi mereka dari hoax rohani dan tidak terlibat dalam menyebarkannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 29:9 "Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 04'01'19: Kejadian 10 - 12
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT