Devotion 1134 : PEMELIHARAAN TUHAN DI TENGAH MASALAH

Devotion 1134 - Dr. Heintje Kobstan
PEMELIHARAAN TUHAN DI TENGAH MASALAH
Bacaan: Yeremia 34

Dapatkah Yehuda bangsa yang dilindungi oleh TUHAN sendiri kalah dan terbuang dari tanahnya? Seharusnya tidak, walau bangsa itu telah dikepung oleh Babel dan sekutunya. Tetapi mengapa pada akhirnya mereka terbuang dari tanahnya sendiri? Sebab TUHANlah yang telah menyerahkan mereka kepada tangan Nebukadnezar. Sebab tanpa seijin dan kuasa yang diberikan oleh TUHAN kepada Nebukadnezar, maka Yehuda tidak akan dapat dikalahkan. Apakah Allah benar-benar tidak menginginkan Yehuda? Apakah Ia hendak membuang Yehuda dari hadapanNya?

Setiap tindakanNya selalu berdasarkan keadilan dan belaskasihan. Pembumihangusan Yerusalem oleh Babel merupakan hukuman yang tepat bagi dosa mereka, sebab istilah ‘hangus dengan api’ juga menggambarkan kejijikan tindakan yang pernah dilakukan oleh Yoyakim kepada firman Allah (ps.36:32) dan tindakan Yehuda yang menyakitkan hati Allah (ps.7:31; 19:5). Itulah keadilanNya. Sebenarnya pemberitahuan akan hukuman yang akan datang menimpa Yehuda dan pemerintahan Zedekia sudah pernah dikumandangkan di Yer. 21:1-10. Namun Tuhan masih berbelas kasih pada Zedekia dengan menjanjikan bahwa di akhir hidupnya, Zedekia akan tetap beroleh kehormatan sebagai seorang mantan raja yang kalah perang, bukan sebagai penjahat perang (ay.4-5; bnd. ps.21:8-10). Namun Zedekia harus tunduk kepada kehendak TUHAN untuk mempercayai keputusannya. Bisa jadi Zedekia malah meminta pertolongan Mesir untuk membebaskannya dari kepungan Babel. Jika, ia berbuat demikian dan tidak mengandalkan TUHAN maka perjanjian Tuhan pasti tidak akan terjadi.

Pelajaran hari ini adalah mungkin Tuhan sedang mengijinkanmu melalui masalah dan persoalan bukan karena Ia ingin menghancurkan hidupmu. Tetapi itulah proses kehidupan agar engkau tetap hidup percaya dan mengandalkan TUHAN saja bukan yang lain. Maka dengan demikian engkau akan melihat pemeliharaan TUHAN atas hidupmu ditengah masalah.

Ketika engkau sedang menghadapi masalah, tetaplah percaya dan mengandalkan TUHAN maka pemeliharaan TUHAN akan terjadi dalam hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 34:4 "Namun demikian, dengarlah firman TUHAN, hai Zedekia, raja Yehuda, beginilah firman TUHAN mengenai engkau: engkau tidak akan mati oleh pedang!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 16'01'19: Kejadian 46 - 50
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT