Devotion 1131 : PERJANJIAN BARU

Devotion 1131 - Dr. Heintje Kobstan
PERJANJIAN BARU
Bacaan: Yeremia 31

Ketika TUHAN menghukum Israel secara keras dan mereka berakhir di pembuangan, itu bukanlah akhir dari keberadaan Israel. Bagi bangsa-bangsa lain yang melihat Israel berada dalam pembuangan mungkin berkata bahwa itu adalah akhir dari Israel sebagai bangsa. Apakah perjanjian TUHAN kepada Israel tidak berlaku lagi? Dia adalah TUHAN yang selalu berpegang teguh pada perjanjian. Ia tidak pernah mengingkari ikatan perjanjianNya baik kepada Abraham, Ishak dan Yakub. Sebab setelah TUHAN menghajar Israel dengan keras maka ada saatnya Ia pun memulihkan kembali kehidupan mereka.

Pernyataan kasih Allah kepada Israel dan khususnya kepada Yehuda adalah kekal. AnugerahNya kepada mereka tidak berkesudahan dari generasi kepada generasi karena didasari pada perjanjianNya dengan Israel. Bahkan TUHAN menyatakan diri sebagai Bapa dan Gembala atas mereka. Karena itu, janganlah bersedih dan berputus asa hai Israel karena kebajikan Allah maka hidup mereka semuanya terjamin baik anak-anak, anak muda, hingga orang tua, baik yang dilayani maupun yang melayani. Oleh karena TUHAN maka Israel masih mempunyai harapan untuk masa depan yang cerah. Dan demi masa depan yang baik itu maka TUHAN akan membuat perjanjian yang baru dengan Israel. Perjanjian itu bukanlah suatu pembaharuan dari masa lampau, saat Israel keluar dari Mesir. Tetapi perjanjian baru itu adalah TUHAN akan menaruh TauratNya dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, dan TUHAN akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatNya. Karena itu setiap orang yang berdosa akan menanggung akibatnya sendiri dan setiap orang akan mengenal TUHAN secara pribadi. Di dalam Perjanjian Baru, setiap umat TUHAN akan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri baik itu tentang masalah dosa maupun persekutuan yang intim denganNya. Dan dalam Perjanjian Baru, semua itu telah dimungkinkan karena Korban Yesus Kristus di kayu salib.

Yesus Kristus adalah penggenapan dari perjanjian baru yang dibuat TUHAN bagi umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 31:33 "Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 10'01'19: Kejadian 28 - 30
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT