Devotion 1132 : TAAT SAJA WALAU BELUM PAHAM

Devotion 1132 - Dr. Heintje Kobstan
TAAT SAJA WALAU BELUM PAHAM
Bacaan: Yeremia 32

Pada tahun kesepuluh pemerintahan Zedekia raja Yehuda, atau tahun kedelapan belas Nebudkadnezar memerintah di Babel, pada waktu itu tentara raja Babel mengepung Yerusalem, dan nabi Yeremia ditahan di pelataran penjagaan yang ada di istana raja Yehuda. Yeremia ditahan oleh Zedekia karena telah menubuatkan kejatuhan kota Yerusalem dan Zedekia akan ditawan ke Babel. Ketika dalam tahanan itulah datanglah firman TUHAN kepada nabi Yeremia yang isinya pembelian atau penebusan tanah yang ada di Anatot milik Hanamel, anak Salum, pamannya. Sebab hanya Yeremia yang mempunyai hak milik dan hak tebus atas tanah itu.

Menurut hukum tentang penebusan, jika seorang Ibrani yang sedang membutuhkan uang hendak menjual tanahnya untuk melunasi hutang maka sanak saudara terdekatnya harus menebus tanah itu - yakni membelinya kembali bagi dia. Dengan tindakan ini (yang terjadi selama pengepungan terakhir atas Yerusalem), Yeremia menunjukkan imannya akan adanya pemulihan bagi Yehuda sesudah pembuangan. Tetapi sebenarnya apa yang dilakukan oleh Yeremia itu adalah tindakan yang merugikan dirinya sendiri. Mengingat bahwa Anatot telah jatuh ke tangan musuh; jadi tindakannya tidak akan ada artinya jika dipisahkan dari harapan akan adanya pemulihan. Yeremia tidak memikirkan untung rugi dari nubuatan itu, tetapi ia hanya menaati firman TUHAN. Tindakan Yeremia merupakan teladan yang indah bagi kita untuk tetap taat walaupun kita belum atau tidak memahami perintah Allah. Karena itu, mari kita dasari iman kita bukan pada fakta atau kenyataan yang terlihat sekarang ini namun kepada TUHAN yang sanggup membuat fakta dan mengubah fakta sesuai kehendakNya sebab bagi Dia tidak ada yang mustahil. Dan seperti Yeremia, marilah kita menaati firman TUHAN sepenuhnya walau mungkin kita belum memahami apa yang sedang dikerjakan TUHAN.

Taatilah firman TUHAN sepenuhnya walau mungkin engkau belum memahami apa yang sedang terjadi.

passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 32:25 "Namun Engkau, ya Tuhan ALLAH, telah berfirman kepadaku: Belilah ladang itu dengan perak dan panggillah saksi-saksi! — padahal kota itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 14'01'19: Kejadian 40 - 42
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT